Masyarakat Sumut Waspada Hujan Lebat di Pegunungan

Ilustrasi- BMKG-Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan. (foto: gemapos/BMKG)
Ilustrasi- BMKG-Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan. (foto: gemapos/BMKG)


Gemapos.ID (Jakarta) -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan di pegunungan hingga Lereng Barat serta Pantai Barat Sumatera Utara yang dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologis seperti banjir, longsor dan genangan air.

"Waspada hujan lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara pada sore dan malam hari yang dapat menyebabkan banjir dan longsor, genangan air dan bencana hidrometeorologis lainnya," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Lestari Irene Purba, Jumat (11/8/2023).  

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada pagi hari berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Kepulauan Nias, Batubara, Asahan, Labuhanbatu, Mandailing Natal, Pakpak Bharat, Tapanuli Tengah,Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara,Humbang Hasundutan dan sekitarnya

Siang dan sore hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat berpotensi terjadi di wilayah Karo, Pakpak Bharat, Dairi, Samosir, Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara,Toba, Tapanuli Selatan, Mandailing Natal dan sekitarnya.

Malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat dapat terjadi di Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Pakpak Bharat, Dairi, Sibolga, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan, Toba, Samosir, Simalungun, Mandailing Natal, Padang Lawas dan sekitarnya

Dini hari berawan dan berpotensi hujan ringan di wilayah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Dairi, Simalungun, Asahan, Batubara, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara dan sekitarnya.

Sementara suhu udara 17.0 – 33.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60 – 95 persen dan angin berhembus dari Tenggara - Barat Daya dengan kecepatan 10 - 30 km/jam. (rk)