Danrem Instruksikan Babinsa untuk Mengajak Masyarakat Tanam Kaliandra Merah

Para personel TNI mendapatkan penjelasan dan pemahaman tentang manfaat kaliandra merah dari PT Semen Padang di Padang, Selasa, (8/8/2023). (foto: ant)
Para personel TNI mendapatkan penjelasan dan pemahaman tentang manfaat kaliandra merah dari PT Semen Padang di Padang, Selasa, (8/8/2023). (foto: ant)


Gemapos.ID (Jakarta)- Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Rayen Obersyl menginstruksikan para babinsa untuk mengajak masyarakat di masing-masing wilayah binaannya menanami kaliandra merah yang bisa dijadikan sebagai sumber energi baru terbarukan.

"Dari pada lahannya nganggur dan ditumbuhi semak, sebaiknya ditanami kaliandra. Kaliandra ini bernilai ekonomis bagi masyarakat," kata Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Rayen Obersyl di Padang, Selasa.

Hal tersebut disampaikan Danrem setelah PT Semen Padang menyosialisasikan manfaat kaliandra merah kepada para personel babinsa dan Himpunan Putra Putri Anak Purnawirawan Angkatan Darat.

Lulusan Angkatan Militer (Akmil) 1992 tersebut mengatakan Korem 032/Wirabraja memiliki ribuan pasukan yang siap berkolaborasi dengan PT Semen Padang termasuk dalam program penanaman kaliandra merah.

"Jadi, apapun program di Semen Padang yang bisa dikolaborasikan dengan Korem 032/Wirabraja, kami siap untuk berkolaborasi," ujar jenderal bintang satu itu.

Sementara itu, salah seorang Babinsa dari Kodim 0310/Sawahlunto Sijunjung, Serda Afri Ramadhan, mengaku mendapat banyak pengetahuan tentang tanaman berkalori tinggi tersebut salah satunya sebagai sumber energi baru terbarukan.

Setelah mendapatkan penjelasan tentang manfaat tanaman yang berasal dari Meksiko itu, Serda Afri bertekad kembali menyosialisasikan dan mengajak masyarakat di wilayah binaannya untuk menanam kaliandra merah.

"Manfaat kaliandra ini luar bisa. Saya akan dorong masyarakat di wilayah binaan saya untuk menanam kaliandra merah terutama di lahan marginal atau lahan-lahan tidur," ujar dia.

Tanaman dengan nama latin calliandra calothyrsus memiliki sejumlah manfaat terutama sebagai sumber energi baru terbarukan pengganti batu bara. PT Semen Padang sendiri telah mulai memanfaatkan tanaman itu dengan tujuan mengurangi penggunaan batu bara.

Kaliandra merah dapat tumbuh hingga 12 meter jika ditanam di lingkungan yang memungkinkan. Daun kaliandra berwarna hijau gelap, kanopi melebar ke samping, dan sangat padat.(ar)