Danrem 173/PVB Terima Penyerahan Senjata dan Amunisis Dari Masyarakat Papua

Saat Danrem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro memperlihatkan senjata api dan amunisi yang diserahkan warga Papua
Saat Danrem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro memperlihatkan senjata api dan amunisi yang diserahkan warga Papua

Gemapos.ID (Jakarta) - Komandan Korem 173/Praja Vira Braja Brigjen TNI Taufan Gestoro terima penyerahan 14 pucuk senjata api organik dan rakitan beserta 15 butir amunisi campuran dari masyarakat Papua bertempat di Aula Yudha Korem 173, pada hari ini (1/9/2022).

Senjata dan amunisi tersebut, diserahkan warga kepada pihak Satuan Tugas Pengamanan TNI dan Tim Intel Korem 173/PVB di Papua dari beberapa wilayah tanggung jawab Korem 173/PVB di antaranya, Kabupaten Puncak Jaya, Puncak, Deiyai dan Paniai, Intan Jaya.

Adapun jenis senpi yang diserahkan langsung Kasiintel Korem 173/PVB Letkol Kav. Ali Siregar, yakni empat pucuk senpi laras panjang dan 10 pucuk senpi laras pendek serta 15 butir amunisi campuran.

Selanjutnya Senjata ini akan diserahkan kepada Denpal Biak sebagai pembina material. Penyerahan Senpi beserta amunisi merupakan hasil pembinaan oleh Satgas TNI dan tim intel yang berada di wilayah jajaran Kolakops Korem 173/PVB.

Danrem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro mengatakan bahwa Korem 173/PVB merupakan komando pelaksana operasi yang mempunyai wilayah tanggung jawab meliputi tiga wilayah adat.

Adapun wilayah tersebut, yakni wilayah adat Saereri yang meliputi kawasan Teluk Cenderawasih, wilayah adat Lapago meliputi Puncak Jaya dan Kabupaten Puncak, dan wilayah adat Meepago di antaranya meliputi Kabupaten Paniai dan Dogiyai.

Menurut Danrem, penyerahan senjata dan amunisi ini sebagai salah satu bukti nyata masyarakat Papua, khususnya yang berada di daerah pegunungan, ingin hidup aman dan damai.

Selain itu, Danrem juga mengatakan, ini membuktikan bahwa keberadaan satuan tugas TNI dapat diterima dengan baik dan memberikan rasa aman di tengah masyarakat.

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang dengan kesadaran telah menyerahkan senjata dan amunisi secara sukarela. Hal ini menandakan bahwa masyarakat saat ini sudah lebih mengerti dan memahami keberadaan satuan tugas TNI di daerahnya," kata Danrem dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, hari ini (1/9/2022).

Sementara itu, Danrem Brigjen TNI Taufan Gestoro menyampaikan rasa hormat dan penghargaan yang tulus kepada seluruh prajurit yang tergabung dalam satuan tugas di wilayah Korem 173/PVB.

"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Papua agar bersama-sama bahu-membahu membangun Papua yang damai untuk kemajuan Papua pada masa yang akan datang," katanya.

Adapun kegiatan tersebut, dihadiri para kasi Kasrem 173/PVB, Dandim 1708/BN Letkol Inf. Daniel Manalu, Kapolres Biak AKBP Tri Adi, dan para kabalak aju Kodam XVII/Cenderawasih.(ant/ra)