PUPR Siap Kawal FIFA Lakukan Pengecekan Stadion Piala Dunia U-17

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah (foto: ant)
Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah (foto: ant)


Gemapos.ID (Jakarta) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap mendampingi FIFA yang akan datang ke Indonesia pada 28 Juli-2 Agustus 2023 terkait pengecekan sejumlah stadion untuk perhelatan Piala Dunia U-17.

"Yang jelas pasti kita siap untuk itu, FIFA akan datang melakukan pengecekan. Kementerian PUPR siap untuk ditugaskan," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah di Jakarta, Kamis.

Dia juga menambahkan, Kementerian PUPR siap mengerjakan tugas-tugas terkait arahan FIFA setelah pengecekan stadion-stadion untuk Piala Dunia U-17 tersebut, seperti memperbaiki rumput lapangan sepak bola atau memperbaiki bangunan stadion.

"Kita mengikuti FIFA, FIFA yang akan menilai sendiri hal tersebut. Kita siap mengerjakan terkait tugas-tugas terkait arahan dan rekomendasi dari FIFA," katanya.

Zainal Fatah mengatakan, Kementerian PUPR juga siap mengikuti arahan dan rekomendasi dari FIFA terkait perbaikan rumput lapangan sepak bola di Stadion Jakarta International Stadium atau JIS.

"Terkait perbaikan rumput JIS, Kementerian PUPR siap mengikuti arahan dan penilaian dari FIFA," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan FIFA rencananya akan datang memeriksa kesiapan venue dan fasilitas pendukung ajang Piala Dunia U-17 pada 28 Juli-2 Agustus 2023.

Kementerian PUPR memastikan stadion-stadion yang sebelumnya ditujukan untuk Piala Dunia U-20 siap dan bisa digunakan untuk Piala Dunia U-17 pada 10 November hingga 2 Desember 2023.

Kementerian PUPR ditugaskan untuk menyiapkan 25 stadion guna mendukung Piala Dunia U-20, di mana lima stadion untuk pertandingan dan 20 stadion lainnya untuk kebutuhan latihan. Namun, FIFA kemudian membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Pada April lalu, Peru dipastikan gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 karena ketidakpastian infrastruktur meski dinyatakan sebagai tuan rumah pada empat tahun yang lalu. Hal tersebut yang menjadi alasan utama yang menyebabkan FIFA mencabut status tuan rumah Peru.

Indonesia kemudian ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss.(da)