Jelang Piala Dunia U-17, FIFA Akan Tinjau Sejumlah Stadion di Indonesia

Stadion Manahan Solo (foto: istimewa)
Stadion Manahan Solo (foto: istimewa)


Gemapos.ID (Jakarta) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI mengusulkan 8 stadion ke FIFA untuk perhelatan Piala Dunia U-17. FIFA akan meninjau sejumlah stadion di Indonesia.

Ketua PSSI, Erick Thohir, mengatakan, FIFA sedang melakukan review terhadap stadion-stadion tersebut.

Diketahui, stadion yang diajukan ke FIFA oleh PSSI yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali). Keenam stadion ini awalnya dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20. Kemudian dua stadion lainnya yang diusulkan adalah Jakarta International Stadium (JIS) dan Stadion Pakansari.

"Kita mengusulkan enam sampai delapan stadion. Yang pasti, stadion-stadion seperti JIS, Jalak Harupat, Gelora Bung Tomo, Bogor, dan Stadion Manahan Solo sedang direview oleh FIFA," ujar Erick Thohir ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Senin (17/7/2023).

Erick menyatakan, FIFA akan lebih dulu melakukan tinjauan di Jakarta karena stadion lainnya sudah menjadi calon venue U-20, sehingga FIFA telah memiliki gambaran mengenai stadion-stadion itu.

"Nah, janjinya FIFA akan datang ke Jakarta terlebih dahulu. Beberapa stadion sebelumnya juga menjadi venue U-20, seperti Manahan Solo, Gelora Bung Tomo, dan Jalak Harupat. Jadi, FIFA sudah memiliki gambaran," terangnya.

Meskipun demikian, masih ada perbaikan yang harus dilakukan terkait kondisi rumput. Namun, faktor-faktor lainnya telah sesuai dengan standar yang ditetapkan.

"Paling nanti rumput-rumputnya harus dijahit kembali, tetapi kalau standar lainnya sesuai dengan ketentuan FIFA. Stadion di Bogor dan JIS akan direview lagi oleh FIFA," pungkas Erick Thohir.(da)