Kodam IX/Udayana Terima Kunjungan NDU China, Leiutenant General Xiao Tianliang

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono (kiri) memberikan cindera mata kepada Rektor National Defense University (NDU) China Leiutenant General Xiao Tianliang di Aula Supardi Makodam IX/Udayana Jalan Udayana No 1 Denpasar, Bali, Selasa.(foto:Bidang Penerangan Kodam IX/Udayana)
Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono (kiri) memberikan cindera mata kepada Rektor National Defense University (NDU) China Leiutenant General Xiao Tianliang di Aula Supardi Makodam IX/Udayana Jalan Udayana No 1 Denpasar, Bali, Selasa.(foto:Bidang Penerangan Kodam IX/Udayana)


Gemapos.ID (Jakarta)- Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono mewakili Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto menerima kunjungan kehormatan Rektor National Defense University (NDU) China Leiutenant General Xiao Tianliang beserta rombongan, Selasa (18/7).

Bertempat di Aula Supardi Makodam IX/Udayana Jalan Udayana No 1 Denpasar, Bali, Selasa, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Sachono mengucapkan selamat datang kepada Rektor of NDU bersama rombongan di Kodam IX/Udayana.

Kegiatan kunjungan dari sekolah pertahanan nasional China tersebut di samping untuk silaturahmi, juga dapat dijadikan sebagai wahana bertukar informasi atas dasar persahabatan dan saling menghormati.

Dalam kesempatan tersebut, Sachono menyampaikan implementasi tugas pokok Kodam IX/Udayana sebagai penjabaran tugas TNI AD yaitu melaksanakan tugas TNI Matra Darat bidang pertahanan dalam OMP dan OMSP, serta menjaga keamanan wilayah perbatasan darat Indonesia dengan RDTL dan pulau-pulau terluar.

Selain itu, Kodam IX/Udayana melaksanakan pembangunan dan pengembangan pembinaan kekuatan Matra Darat dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan darat di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

“Dalam pelaksanaannya, Kodam IX/Udayana mengemban fungsi sebagai Komando Utama Operasi (Kotama Ops) dan Komando Utama Pembinaan (Kotama Bin). Kedua fungsi yang diemban tersebut dilaksanakan secara sinergis dan terpadu dalam rangka membantu menciptakan stabilitas keamanan wilayah Bali dan Nusa Tenggara khususnya,” kata dia.

Sachono juga mengatakan wilayah Kodam IX/Udayana menjadi salah satu destinasi tujuan wisata baik wisatawan domestik maupun manca negara khususnya Bali dengan keindahan dan keunikan adat budayanya.

Sementara itu, Rektor Of NDU Leiutenant General Xiao Tianliang menyampaikan rasa hormat dan terima kasih atas penyambutan yang hangat oleh jajaran Kodam IX/Udayana.

“Maksud dan tujuan kami adalah dalam rangka belajar tentang TNI dan bagaimana cara kita memimpin,” kata dia.

Tianliang mengatakan sebelum sampai di Bali, ia bersama rombongan juga mendatangi Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, serta mengunjungi Sekolah Pertahanan Republik Indonesia. Acara kunjungan ke Kodam IX/Udayana pada kesempatan itu bertujuan untuk saling bertukar informasi dan komunikasi antara para Perwira kedua pihak.

Rektor of NDU Leiutenant General Xiao Tianliang memperkenalkan bahwa pada kesempatan kali ini ia membawa serta 50 orang siswa dimana mereka merupakan Siswa Komando dengan pangkat Kolonel dan Mayor Jenderal. Mereka dari berbagai korp angkatan perang China dan mereka belajar selama satu tahun di sekolah Pertahanan Cina.

Dia pun berharap kedepannya ada perwira dari Tentara Nasional Indonesia bisa belajar di National Defence University di China.(ap)