Denise Ungkap Ogah Pakai BPJS Kesehatan untuk Lahiran, Ini Katanya

Selebriti Denise Chariesta (ist)
Selebriti Denise Chariesta (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Selebriti Denise Chariesta menjadi sorotan para netizen di Tanah Air. Wanita berusia 31 tahun itu membuka donasi dan meminta warganet membiayai kebutuhan persalinan caesarnya saat melahirkan.

Denise mengaku alasan membuka donasi karena dia ogah menggunakan BPJS Kesehatan untuk proses persalinan. Ketika ditanya alasannya, dia menjawab enggan menjadi beban negara.

"Gua nggak mau pakai BPJS deh, kayaknya gua takut jadi beban negara," ujarnya melalui unggahan di Instagram Story yang dikutip Gemapos, Sabtu (8/7/2023).

BPJS Kesehatan sendiri sebenarnya menyediakan fasilitas melahirkan dan pemeriksaan ibu hamil gratis. Bahkan, BPJS Kesehatan juga menanggung sejumlah biaya persalinan, termasuk biaya pemeriksaan selama kehamilan seperti ultrasonografi (USG), pemberian vaksin, hingga proses persalinan.

Namun untuk persalinan secara caesar, pasien harus mendapatkan rujukan dari dokter atau rumah sakit yang menangani terlebih dahulu. Jika prosedur caesar dilakukan atas kehendak pasien sendiri, maka BPJS Kesehatan tidak akan menanggung biaya persalinan tersebut.

Berikut persyaratan biaya persalinan yang ditanggung BPJS Kesehatan:

1. Melakukan pemeriksaan kehamilan di faskes 1 sesuai yang terdaftar pada kartu BPJS pasien.

2. Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, yakni:

KTP asli dan fotokopi.
Kartu BPJS asli dan fotokopi.
Kartu Keluarga asli dan fotokopi.
Buku kesehatan atau pemeriksaan ibu dan bayi.
Surat rujukan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat 1 (jika diperlukan).

3. Surat rujukan hanya didapat bila pasien memerlukan perawatan medis tertentu dan faskes 1 tidak memiliki peralatan yang memadai. Pasien nantinya dapat dirujuk ke rumah sakit dengan perlengkapan yang lebih memadai.

4. Persalinan secara caesar hanya ditanggung BPJS Kesehatan ketika pasien memiliki kehamilan berisiko tinggi, seperti janin posisi sungsang, ketuban pecah dini, preeklampsia (tekanan darah tinggi saat hamil), dan sebagainya. Dalam kondisi ini, dokter akan memberikan rekomendasi dan surat rujukan agar ibu mendapat persalinan caesar atas pertimbangan medis, bukan atas permintaan pribadi.(da)