Inilah Sosok Aryanto Misel, Pembuat Nikuba yang Diundang ke Italia



Gemapos.ID (Jakarta) Sosok Aryanto Misel tengah ramai diperbincangkan publik dan viral di media sosial. Sosok Aryanto Misel jadi sorotan usai ia diundang ke Italia.

Aryanto Misel (67) warga Lemahabang Wetan, Kabupaten Cirebon, membuat alat yang disebut mampu mengonversi air menjadi hidrogen dan bisa digunakan sebagai bahan bakar pengganti bensin atau BBM untuk kendaraan bermotor.

Pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah itu menamai alat temuannya nikuba yang merupakan akronim dari kata bahasa Jawa, “niku banyu”, yang artinya “itu air”. Ia menceritakan, Nikuba merupakan pengembangan dari alat penghemat BBM yang ia buat enam tahun silam.

Ia mengklaim telah membuat lebih dari 200 alat penghemat BBM yang dirasa mampu menghemat penggunaan BBM hingga 40%. Alat tersebut ia jual seharga Rp 2,5 juta per unitnya.

Ia mengaku memperoleh ilmu invensi atau reka cipta sejak duduk di bangku sekolah menangah pertama (SMP). Pria yang mengaku tak lulus dari bangku sekolah menengah atas (SMA) tersebut mengaku senang bergelut di dunia kimia dan fisika.

Selain itu, Aryanto mengatakan bahwa dirinya juga menyukai seni patung dan seni lukis. Guna melakukan pengerjaan alat Nikuba, ia dibantu oleh seorang montir.

Kediaman Aryanto yang terletak di Lemahabang Wetan, Kabupaten Cirebon ia gunakan sebagai bengkel produksi Nikuba.