UNP Angkat Bicara Soal Mahasiswa KKN yang Diusir Warga Gegara Sindir Fasilitas Desa

Universitas Negeri Padang (ist)
Universitas Negeri Padang (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) yang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), diusir oleh warga setempat. Mereka diusir karena menyindir fasilitas di tempat KKN melalui konten di media sosial.

Dilansir Gemapos, Senin (26/6/2023), ada sembilan mahasiswi yang membuat konten di video viral. "Kalian libur semester? Mana maen, KKN-lah. KKN kalian di mana? Tanah Datar, Lima Puluh Kota? Bungus-lah, air nggak ada, mandi di musala. Diusir? Ngontrak bayar pula," ucap sejumlah mahasiswi dalam video tersebut.

Setelah video itu viral, tampak dalam sebuah video lain seorang tokoh masyarakat mengumpulkan sekelompok mahasiswa KKN itu di dalam sebuah ruang rapat.

Penjelasan UNP

Kepala Pusat KKN UNP, Elfi Tasrif, membenarkan peristiwa itu. Dia juga tidak membenarkan perbuatan sekelompok mahasiswa KKN itu.

"Seberapa pun nilai kebenarannya yang mau disampaikan, secara menyajikan dan secara menampilkan tidak etis dan tidak berimbang," ujarnya, Senin (26/6/2023).

Elfi menilai mahasiswa tersebut tidak bijak bermain media sosial. Meskipun niat awal hanya untuk bercanda.

"Mereka bermain medsos kurang cerdas. Walau ini sebenarnya niat awal mereka hanya lucu-lucuan," katanya.(da)