Ketapanrame di Mojokerto Masuk Nominasi 75 Besar Anugerah ADWI 2023

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat menyambut Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Indra Ni Tua di Desa Ketapanrame, Mojokerto
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati saat menyambut Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Indra Ni Tua di Desa Ketapanrame, Mojokerto


Gemapos.ID (Jakarta)- Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur,  berhasil masuk nominasi 75 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dan berhak mengikuti tahap penilaian lanjutan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Indra Ni Tua bersama Tim Juri ADWI di Mojokerto, Jumat, melakukan penilaian lapangan di Desa Ketapanrame yang memiliki tiga destinasi wisata andalan, yakni air terjun Dlundung, Taman Ghanjaran dan wisata sawah Sumber Gempong.

"Desa dengan potensi alam ini mengalahkan peserta desa wisata lain 4.573 desa yang sudah mendaftar," ujarnya.

Ia mengatakan aspek yang dinilai meliputi daya tarik dan keunikan wisata, standar kualitas pelayanan homestay dan toilet, digital kreatif (promosi desa), souvenir (potensi kreativitas), serta Kelembagaan desa wisata.

Ia mengatakan penilaian ADWI sejatinya untuk menggaungkan Indonesia kepada dunia lewat pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Termasuk membuka ruang untuk berkarya, sehingga 4,4 juta lapangan kerja tercipta, terus percaya adanya kebangkitan ekonomi yang dimulai dari desa," katanya.

Indra mengatakan 75 desa wisata terbaik pilihan Kemenparekraf ini telah sesuai dengan visi dan misi yang ditetapkan oleh pemerintah. Yakni mewujudkan pariwisata berkelas dunia, dengan daya saing global berkelanjutan.

"Termasuk juga sesuai misi pariwisata Indonesia yakni menciptakan kesadaran pariwisata dari pelaku usaha dan industri pariwisata ekonomi kreatif," ucapnya.

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bersyukur bersyukur Desa Wisata Ketapanrame mampu menembus 75 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2023.

"Tentunya hal ini merupakan capaian positif dalam mendukung kemajuan pariwisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat," katanya.

Ia berharap momentum ADWI 2023 ini bisa dimanfaatkan dengan baik guna mendukung dan mengembangkan Desa Wisata Ketapanrame dengan segala potensi wisata alam dan wisata edukasinya.

"Dengan segala potensi yang ada, pengembangan pariwisata di Desa Ketapanrame ini diharapkan bisa menjadi yang terbaik, dan menjadi Desa Wisata Unggulan Terbaik Indonesia di Tahun 2023 ini,” ujarnya.(ri)