Banyak Kontroversi Tapi Tetap Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Ternyata Ini Alasannya

Banyak Kontroversi Tapi Tetap Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Ternyata Ini Alasannya (ist)
Banyak Kontroversi Tapi Tetap Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Ternyata Ini Alasannya (ist)


Gemapos.ID (Jakarta) Sering sekali diterjang badai masalah hingga berakibatkan sanksi dari FIFA tetapi Indonesia masih saja dapat kepercaan jadi tuan rumah piala dunia U17, kok bisa?

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyebut ada sekitar tiga kemungkinan yang membuat FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Turnamen itu dijadwalkan bakal berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.

FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 pasca menggelar rapat dewan pada Jumat (23/6/2023) lalu.

 
 

Penunjukkan menjadi angin segar untuk sepak bola Tanah Air yang sempat diterpa dengan berita miring. Kini, Indonesia mendapat kesempatan sekaligus tanggung jawab besar untuk menggelar ajang serupa yakni Piala Dunia U-17 2023.

Dilansir dari Gemapos, Erick Thohir mengungkap setidaknya 3 faktor yang dianggap berperan dalam keputusan FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U17 2023.

1. Prestasi Timnas Indonesia Kian Meningkat

 

Menurut Erick, faktor pertama yang membuat FIFA yakin menunjuk Indonesia sebagai pengganti Peru untuk menjadi host Piala Dunia U-17 2023 dikarenakan mulai bangkitnya sepak bola Tanah Air.

Timnas Indonesia berhasil jadi juara SEA Games 2023 dan mendapat medali emas perdana ajang itu sejak terakhir kali mendapatkannya pada 1991 silam.

Sepak bola Indonesia sebelumnya sempa digempur dengan sejumlah kejadian yang tak mengenakan, seperti peristiwa Kanjuruhan hingga batalnya perhelatan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia setelah statusnya dicabut FIFA akibat gelombang penolakan terhadap Timnas Israel.“Alhamdulillah ini kepercayaan FIFA kepada Indonesia. Mungkin FIFA melihat kita bangkit, kemarin di SEA Games bagus,” kata Erick.

2. Sukses Selanggarakan Laga Besar di FIFA Matchday Juni 2023

Erick menganggap performa apik Timnas Indonesia level senior yang dipimpin Shin Tae-yong juga berpengaruh dalam keputusan FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Meski tidak menang, Timnas Indonesia dianggap bermain cukup solid saat menahan imbang Palestina 0-0, dan hanya kalah 0-2 dari Argentina.

Tak hanya perihal hasil, penyelenggaraan dua laga menghadapi tim besar khususnya Argentina dinilai berjalan lancar dan tanpa hambatan.

“Pertandingan FIFA Match Day Palestina dan Argentina juga baik tidak ada isu aneh-aneh,” kata pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN tersebut.

3. Timnas Indonesia Host Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Sebelumnya, Timnas Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Meski tak meraih hasil baik dari sisi tim nasional, Indonesia dinilai Erick mampu menyelenggarakan event itu dengan lancar.

Pada gelaran acara, Garuda Muda gagal menembus tiket putaran final Piala Asia U-17 setelah kalah pada laga terakhir melawan Malaysia dengan skor 1-5.

“Mereka melihat kita berani menjadi host AFC U-17 2023, hal-hal ini mungkin menjadi pertimbangan mereka,” ucap Erick. (da)