Kemenparekraf Lakukan Kunjungan dan Penilaian ADWI di Negeri Rutong Ambon



Gemapos.ID (Jakarta)- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan kunjungan serta penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 di Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon, Maluku.

"Kunjungan Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf, Indra Ni Tua bersama Dewan Juri ADWI 2023 untuk melakukan penilaian di Negeri Rutong yang masuk dalam 75 besar ADWI 2023," Kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, Rico Hayat di Ambon, Selasa.

Dikatakannya, setelah berhasil melewati tiga tahap, yakni tahap pendaftaran dengan jumlah pendaftar sebanyak 4.573 desa wisata, kemudian tahap seleksi 500 dan 300 besar, Negeri Rutong masuk 75 besar ADWI 2023.

Ada lima kategori yang menjadi penilaian juri saat kunjungan ke Negeri Rutong yakni daya tarik pengunjung, homestay dan toilet umum, suvenir, digital dan konten kreatif serta Kelembagaan dan Cleanliness, Health, Safety ang Environmental Sustainability (CHSE).

Selain melakukan kunjungan, tim Kemenparekraf juga menyapa masyarakat secara langsung serta mempromosikan destinasi wisata di Negeri Rutong.

"Kunjungan ke Negeri Rutong yang masuk 75 besar ADWI 2023 menjadi semangat baru serta memotivasi pemerintah negeri dan masyarakat, sehingga dapat mengembangkan desa wisata berkelas dunia, berkelanjutan, dan berdaya saing," kata Rico.

Negeri Rutong diikutsertakan dalam ajang ADWI dengan tujuan dijadikan percontohan  pengembangan destinasi wisata bagi desa atau negeri lainnya di Kota Ambon

"Kami memilih Negeri Rutong, karena masuk kategori dan siap diadu dengan desa-desa lainnya di seluruh Indonesia.Ini juga merupakan percontohan membangun desa/negeri di Ambon agar di tahun berikutnya kami bisa ikut serta," katanya.

Ia menyatakan, Negeri Rutong sebagai salah satu desa wisata yang dicanangkan di Kota Ambon, menawarkan wisata adat, wisata budaya, ekowisata, dan wisata lainnya.

"Untuk Ajang ADWI penilaian juga difokuskan pada perkembangan digitalisasi dan ekonomi kreatif, dan Rutong telah memenuhi unsur itu," katanya.(ap)