Apa Itu Aquathlon, Emas Pertama Milik Indonesia di SEA Games 2023

Rashif Amila Yaqin peraih emas pertama Indonesia di SEA Games 2023 (ist_
Rashif Amila Yaqin peraih emas pertama Indonesia di SEA Games 2023 (ist_

Gemapos.ID (Jakarta) - Atlet cabang olahraga (cabor) triathlon, Rashif Amila Yaqin, meraih medali emas pertama untuk Indonesia di ajang SEA Games 2023 Kamboja.

Rashif Amila Yaqin membawa pulang medali emas SEA Games 2023 setelah menjadi yang terbaik di nomor aquathlon individual putra di Kep Town Beach, Sabtu (6/5/2023).  Dia berhak atas medali emas seusai mengalahkan Andrew Kim Abay Remolino (Filipina) dan Bryce Sheng Cher Chong (Singapura). 

Chef de Mission (CdM) tim Indonesia, Lexyndo Hakim, menyebut keberhasilan Rashif Amila Yaqin merupakan berkat pada hari pertama usai SEA Games 2023 resmi dibuka Jumat (5/5/2023) kemarin.

Lexyndo Hakim juga berharap medali emas Rashif Amila Yaqin menjadi motivasi bagi atlet Indonesia lainnya. 

"Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada triathlon, khususnya atlet aquathlon atas nama Rashif Amila Yaqin yang telah berhasil meraih emas pertama bagi tim Indonesia," ujar Lexyndo Hakim dalam keterangan NOC Indonesia. 

"Kemenangan ini bukan hanya tentang medali emas, tapi juga pelecut semangat dan insipirasi bagi atlet lainnya serta membangkitkan kebanggaan untuk rakyat Indonesia," ucapnya.  Sementara itu, pada nomor individual putri aquathlon, Indonesia juga berhasil meraih medali perunggu atas nama Dea Salsabila Putri. 

Dea kalah dari atlet naturalisasi Kamboja yang meraih emas, sedangkan perak direbut oleh atlet Thailand.

"Prestasi ini bukan hanya milik kalian atlet. Namun, juga milik rakyat Indonesia yang telah memberikan dukungan dan doa," ujar Lexy.

"Kami berharap keberhasilan ini dapat menjadi starting point untuk terus berjuang dan memberikan yang terbaik dari setiap patriot muda Indonesia di pesta olahraga Asia Tenggara ini. Mari rayakan bersama, mari kibarkan bendera dan nyanyikan Indonesia Raya!" tuturnya.

Lalu Apa itu Aquathlon?

Aquathlon adalah lomba yang memadukan renang dan lari.

Peserta menyelesaikan renang terlebih dulu dilanjutkan lari jarak jauh

Olahraga ini diatur oleh International Triathlon Union yang menyelenggarakan kejuaraan dunia setiap tahun.

Aquathlon modern kali pertaam diadakan di  Australia pada 1950-a.

Sejak itu terus populer hingga kini.(da)