Mengenal Agus Prayoga, Dulu Tak Punya Sepatu Sekarang Juara SEA Games 2023

Agus Prayogo (ist)
Agus Prayogo (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pelari Indonesia, Agus Prayogo, meraih medali emas nomor maraton putra di ajang SEA Games 2023 di Angkor Wat, Siem Riep, Kamboja, Sabtu (6/5/2023) pagi WIB.  Kesuksesan meraih emas SEA Games 2023 membuat Agus Prayogo berhasil memperbaiki pencapaiannya.

Pada edisi sebelumnya, yakni SEA Games 2021 Vietnam, Agus Prayogo meraih medali perak nomor maraton putra setelah kalah dari atlet tuan rumah, yakni Hoang Nguyen Tanh.

  Ini merupakan medali emas kedua Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. Emas pertama diraih atlet triathlon, Rashif Amila Yaqin, yang turun di nomor aquathlon individu putra. 

Fasilitas lengkap bukan satu-satunya faktor dari keberhasilan. Terbukti, Lettu Agus Prayogo memulai perjalanan karirnya di bidang atletik dengan menjuarai lomba lari tanpa alas kaki.

Sosok yang satu ini tangguhnya memang tak dapat diragukan lagi. Dia adalah Lettu Agus Prayogo. Selain mengabdi ke ibu pertiwi di bidang militer, Agus sebelumnya diketahui berkarir menjadi atlet di bidang atletik.

Hingga kini, Agus diketahui telah sukses membawa nama Indonesia di kancah internasional. Namanya pun sempat mentereng di ajang olahraga berupa Sea Games sebanyak enam kali. Kejuaraan pun rasanya tak lagi asing bagi sosok ayah dua anak tersebut. Beberapa kali mengikuti kejuaraan lari, dia pun sukses menyabet posisi pertama.

Namun tak banyak diketahui, Agus yang dikenal luas sebagai sosok atlet tangguh sekaligus prajurit TNI tersebut memiliki pengalaman unik di masa lampau.

Pertama kali mengikuti kejuaraan lari, Agus mengungkap jika dirinya kala itu mencoba peruntungan di alun-alun Kota Magelang. Saat itu, Agus diketahui menempuh jarak yang tak pendek. "Pertama kali ikut lomba, start dan finish itu di alun-alun Kota Magelang. Kurang lebih jaraknya 3 atau 4 km, saya lupa," ungkapnya.

Menariknya, selama perlombaan, Agus sama sekali tak mengenakan alas kaki baik sandal maupun sepatu lari. Diungkapnya, kala itu Agus memang tak memiliki sepatu yang dapat digunakannya untuk berlari. Terpaksa, dia pun harus bertelanjang kaki dan berlari menempuh jarak lebih dari 2 kilometer.

Kendati tak mengenakan alas kaki, kemampuan Agus justru tetap terlihat. Bakatnya di bidang atletik tersebut tetap nampak hingga mengantarkannya pada posisi pertama. Kini, sosoknya pun tumbuh menjadi atlet profesional sekaligus seorang abdi negara yang inspiratif. "Saya lari tanpa menggunakan sepatu waktu itu dan alhamdulillah saat itu saya juara 1," ceritanya dalam sebuah video singkat unggahan Agus.