Berikut Kronologi Insiden Terbaliknya Bendera Indonesia di SEA Games 2023

Foto Bendera Indonesia terbalik di SEA Games 2023 (ist)
Foto Bendera Indonesia terbalik di SEA Games 2023 (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Bendera Indonesia dikibarkan terbalik menjelang opening ceremony atau pembukaan SEA Games 2023. Adapun pertunjukan sebelum acara puncak opening ceremony SEA Games 2023 bergulir di Stadion Morodok, Techo, Phnom Penh, Kamboja, pada Jumat (5/5/2023).

Menurut Informasi yang diterima redaksi Gemapos, salah satu penyanyi lokal Kamboja tengah tampil diiringi  penari yang membawa bendera 11 negara peserta SEA Games 2023. Bendera-bendera yang dibawa dalam momen itu termasuk bendera Indonesia yang berwarna merah dan putih.

Akan tetapi, para penari melakukan kesalahan. Pasalnya, bendera Indonesia yang dibawa semuanya dalam posisi terbalik. Seharusnya warna merah ada di bagian atas, sedangkan warna putih berada di bagian bawah. Namun, para penari justru membawa bendera Indonesia dalam keadaan warna merah ada di bawah, sedangkan putih berada di atas.



Setelah itu, Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) mengirimkan surat kepada Panitia Penyelenggara (Panpel) SEA Games 2023 Kamboja (Camsoc).

Surat itu bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 dan ditandatangani Harry Warganegara untuk dikirimkan kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO Camsoc, Vath Chamroeun. NOC Indonesia mengirimkan surat kepada Seekerteris Jenderal NOC Kamboja dan CEO Camsoc, Vath Chamroeun, guna menyampaikan rasa keberatan usai bendera Merah-Putih dikibarkan terbalik.

Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Harry Warganegara, lalu mengatakan bahwa Kamboja selaku tuan rumah telah meminta maaf atas kejadian bendera Merah-Putih yang dikibarkan terbalik. Menurut Harry Warganegara, Kamboja langsung bertindak cepat agar kejadian serupa tidak terulang di Opening Ceremony SEA Games 2023.

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” kata Harry.(da)