Berikut Bocoran Harga, Spesifikasi dan Tanggal Rilis iPhone 15

iphone 15 (ist)
iphone 15 (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pengembang ponsel pintar asal Amerika Serikat (AS), Apple disebut-sebut akan meluncurkan seri terbaru di lini ponselnya, iPhone 15 series, setelah sukses memasarkan iPhone 14 series pada tahun lalu. Lalu, kapan waktu peluncuran iPhone 15 dan kira-kira berapa harga yang dibanderol untuk ponsel pintar seri terbaru ini? Menurut rumor yang beredar di situs gadget tomsguide.com, iPhone 15 diperkirakan akan dirilis pada September 2023. Rumor ini didasari pada pola jadwal peluncuran iPhone di tahun-tahun sebelumnya yang selalu berlangsung pada bulan September. 

Dalam satu dekade terakhir, Apple hanya mengumumkan smartphone andalan barunya di luar September sebanyak satu kali, yakni pada Oktober 2020, ketika terjadi  pandemi Covid-19 yang mengharuskan pesanan tetap di rumah dan mengganggu rantai pasokan teknologi. 

"Kemungkinan besar iPhone 15 akan tiba pada September 2023 untuk dijual. Biasanya Apple mengumumkan ponselnya sekitar 10 hari sebelum dirilis, dengan pre-order dibuka sepekan sebelum waktu peluncuran," ujar seorang sumber yang dikutip tomsguide, Rabu (12/4).

Peluncuran iPhone 15 masih beberapa bulan lagi, tetapi sulit bagi Apple untuk menyimpan rahasia tentang jajaran iPhone karena ada begitu banyak pemasok berbeda yang terlibat, beberapa di antaranya akhirnya membocorkan informasi.

Berdasarkan informasi dari pembocor teknologi melalui macrumors.com terungkap, iPhone 15 akan dirilis dalam empat model berbeda dalam dua jenis ukuran, yakni dua iPhone 6,1 inci dan dua iPhone 6,7 inci. Salah satu iPhone 6,1 inci akan menjadi iPhone 15 standar, sedangkan salah satu model 6,7 inci akan menjadi iPhone 15 Plus. iPhone 6,1 dan 6,7 inci lainnya akan menjadi model Pro kelas atas dan lebih mahal. Seperti jajaran iPhone 14, fitur terbaik akan disediakan untuk model iPhone 15 Pro dengan biaya tambahan yang sepadan.

Harga iPhone 15 dengan model perangkat entry-level standar 6,1 inci diperkirakan mulai dari US$ 799 atau setara Rp 11,8 juta (Asumsi kurs Rp 14.863/US$), dan iPhone 15 Plus 6,7 inci dibanderol mulai dari US$ 899 atau sekitar Rp 13,3 juta.(da)