Ghinda Ansori Pelapor Awbimax Dihujat Nitizen: Pakar Hukum, Kurang Riset Hukum

Ghinda Ansori dan Bima (ist)
Ghinda Ansori dan Bima (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Seorang pengguna TikTok dengan nama Awbimax Reborn atau Bima Yudho Saputro dilaporkan ke Polda Lampung lantaran unggahannya terkait video kritik soal Lampung oleh Ghinda Ansori Wayka pada 10 April 2023.

Ghinda mempidanakan pemilik akun "Awbimax Reborn" karena video yang dibuat bersifat menyimpang. Video dengan judul "Alasan Lampung Gak Maju-Maju" membuatnya geram dan menggugat Bima.

Pasalnya dalam video tersebut, Bima dinilai telah melakukan penghinaan kepada Provinsi Lampung. Selain itu, alasan Ghinda mempolisikan karena mengaku keberatan dengan opini pemilik akun Awbimax yang berisi konstruksi pemikiran terbalik.

Video berdurasi 03.32 menit tersebut telah ditonton oleh jutaan orang pasca diunggah dan kini gugatannya telah diproses. Ghinda Ansori Wayka sendiri merupakan seorang warga Lampung yang juga bekerja di kantor pemerintahan Provinsi Lampung. Ia diketahui pegawai Gubernur Provinsi Lampung, Arinal Djunaidi. 

Atas tindakan yang dinilai kurang riset itu justru Ghinda Ansori mendapat hujatan dari netizen.

Tindakan yang dilakukan Ghinda Ansori kepada Bima justru menguntungkan Bima, Pasalnya Bima bisa lebih aman di negara ia tinggali sekarang, Australia.

Atas kejadian itu Bima bisa mengajukan visa perlindungan kepada negara yang ia tinggali sekarang.

pasalnya untuk mengajukan visa perlindungan ini adalah harus menunjukan bahwa anda dirugikan secara serius dinegara sal karena ras, agama, kebangsaan, suku, opini politik dan keanggotaan kelompok sosial tertentu.

Salah satu pengguna Twitter juga mengungkap profilnya yang merupakan Tim Hukum Gubernur Provinsi Lampung periode 2019 - 2024. Mengetahui latar belakangnya tersebut, justru memicu kontra lantaran ia dinilai oleh masyarakat bukan karena membela warga Lampung melainkan secara personal kepada Arinal Djunaidi selaku gubernur.

"Oh jadi @gindha_ansori yang ngelaporin Bima ke polisi itu sedang bekerja untuk Gubernur Lampung," Kata pemilik akun @PartaiSocmed pada Kamis (13/4/2023).

"I see, pantes sampai segitunya padahal videonya ga ada personal insult (hinaan kepada individu). Harusnya balas dengan ngasih video sanggahan dong kalo emang merasa bener yang diomongin di video tersebut," kata akun lainnya.

"Ternyata bener kata Bima, baru dikritik aja langsung lapor. Emang gatau kalo diluar ada visa protection ya, pakar hukum tapi kurang riset hukum" kata akun lainnya.

Semenjak munculnya kritikan tersebut, diketahui akun Twitter Ghinda sempat menghilang dan baru muncul kembali pada Rabu, 12 April 2023.(da)