Pemprov Jabar: Sediakan Layanan Mudik Gratis Hingga 6.500 Tiket Bus dan 5.954 Tiket KA

Petugas mengatur arah jalur bus pada acara Mudik Gratis Salembur di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019)
Petugas mengatur arah jalur bus pada acara Mudik Gratis Salembur di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Perhubungan akan menyelenggarakan Program Mudik Gratis pada Lebaran 2023/Idul Fitri 1444 Hijriah, khusus untuk masyarakat provinsi itu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat (Jabar) A Koswara, di Bandung, Selasa, menuturkan Program Mudik Gratis akan dilaksanakan pada tanggal 15 sampai dengan 18 April 2023 dan sebanyak 6.500 tiket bus dan 5.954 tiket kereta api disiapkan dalam program tersebut.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan mudik gratis ini agar perjalanan mudik dapat ditempuh dengan lebih aman. Masyarakat juga dapat merasakan mudik Lebaran yang aman, nyaman, dan tertib, sesuai dengan tagline Muara Hati yaitu Mudik Jabar Juara Sehat, Selamat, dan Tertib," kata Koswara dalam keterangan tertulisnya.

Untuk masyarakat Jawa Barat yang akan mengikuti Program Mudik Gratis dapat mengakses pendaftaran melalui website https://mudik-dishub.jabarprov.go.id.

Ada pun untuk kereta api lokal, pendaftaran melalui KAI akses dan akan dibuka sesuai ketentuan layanan regular.

Berdasarkan hasil survei potensi pergerakan masyarakat pada masa liburan Lebaran 2023/Idul Fitri 1444 Hijriah dapat diperoleh informasi bahwa 87 persen sekitar 43,44 juta orang akan melakukan perjalanan di Jawa Barat. Adapun 43 persen diantaranya atau Sekitar 18,68 juta menyatakan bahwa mudik menjadi alasan mengapa mereka melakukan perjalanan.

Tingginya potensi pergerakan pada masa Lebaran mengakibatkan tingginya potensi kemacetan lalu lintas, kata dia, mengingat preferensi moda yang dipilih masyarakat dalam melakukan mudik masih didominasi kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor.

Menurut dia, perjalanan jarak jauh menggunakan sepeda motor tentu saja tinggi risiko kecelakaan.(ar)