Jelang Mudik Lebaran, Terminal Pulo Gebang Lakukan Uji Kelayakan Bus Secara Berkala

Suasana bus di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu
Suasana bus di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu

Gemapos.ID (Jakarta) - Terminal Terpadu Pulo Gebang sudah melakukan pra ramp-check atau uji kelayakan kendaraan angkutan umum secara bertahap sejak 27 Februari, khususnya untuk armada yang digunakan pada mudik lebaran.

"Pra ramp-check ini dikoordinator oleh Kementerian Perhubungan dengan Dirjen Perhubungan Darat dan juga dari BPTJ, itu secara bertahap kemarin dari 27 Februari terhadap bus reguler yg beroperasi di sini," kata Kasubbag Tata Usaha UP Terminal Terpadu Pulo Gebang Junaedi saat ditemui ANTARA di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu.

Selain itu, kata Junaedi, pra ramp check dilakukan sejak Februari agar bus yang masih kurang layak memiliki kesempatan untuk memperbaiki bus tersebut.

"Pra ramp check ini adalah cek bus terkait dengan keselamatan, ada yang kurang, nanti disuruh memenuhi, begitu masuk sini lagi akan operasi baru dicek saat pada saat angkutan lebaran, baru dikasih stiker bahwa dia sudah memenuhi persyaratan perjalanan dari keselamatan bus itu sendiri," jelas Junaedi.

Kegiatan tersebut juga dibantu oleh petugas-petugas dari UP PKB Ujung Menteng dan UP PKB Jagakarsa di bawah Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.

Terkait persiapan mudik 2023, kata Junaedi, Terminal Terpadu Pulo Gebang sudah melengkapi dan memperbarui segala persiapan.

"Tentunya dalam persiapan ini kalau secara terminal kami sudah siap baik itu dari sisi SDM, sarana prasarana, kami sudah coba melengkapi kembali, kami update. Nah sekarang juga dilakukan koordinasi terkait dengan angkutan lebaran. Nah di situ kita membikin suatu rencana operasi misalnya terkait para armada dilakukan pra ramp check," jelas Junaedi.(ar)