Ciptakan Kamtibmas Saat Ramadhan, Polres Maros Rutin Lakukan Patroli Gabungan

Kasat Samapta Polres Maros AKP Yiyi Suhartin saat memimpin patroli gabungan untuk ciptakan situasi kondusif di Maros
Kasat Samapta Polres Maros AKP Yiyi Suhartin saat memimpin patroli gabungan untuk ciptakan situasi kondusif di Maros

Gemapos.ID (Jakarta) - Polres Maros, Sulawesi Selatan rutin menggelar patroli gabungan untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama Ramadhan 1444 Hijriah.

Kasat Samapta AKP Yiyi Suhartin melalui keterangannya, Rabu, mengatakan patroli gabungan itu dari berbagai satuan dan fungsi demi terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif.

"Kalau Ramadhan itu yang paling banyak balapan liar. Patroli gabungan ini, salah satunya agar mereka pelaku balap liar tidak melakukan kebut-kebutan yang dapat mengganggu orang lain dan mencelakai diri sendiri," ujarnya.

Yiyi Suhartin mengatakan patroli gabungan dari Satuan Lalu Lintas, Samapta, Satuan Reskrim, Intelkam, Reserse Narkoba, Propam dan personel polsek.

Seperti yang di Kecamatan Lau, pihaknya berhasil membubarkan balapan liar di Kawasan Pergudangan 88, Pattene, Kecamatan Marusu, Kabupaten Maros.

Di lokasi itu, sebanyak 12 unit kendaraan roda dua diamankan setelah terjaring balapan liar.

"Di kawasan pergudangan 88 itu salah satu yang banyak dikeluhkan masyarakat karena marak balapan liar. Kami sudah tindak para remaja balapan liar itu dan mengamankan kendaraannya," katanya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Maros AKP Supriyanto mengajak peran serta masyarakat, termasuk para orang tua, lebih mengawasi dan memberi edukasi pada anak-anaknya agar tidak membuat kegiatan yang dapat membahayakan dirinya dan orang lain.

"Balapan liar itu membahayakan diri sendiri dan orang lain. Bukan cuma itu, suara raungan kendaraan juga sangat bising. Makanya, kami ajak para orang tua agar memberi pengertian kepada anak-anaknya dan jangan memberikan motor sebelum usianya," ucapnya.(pa)