Ada Sebanyak 96 Kelompok Musik yang Ikuti Festival Ramadhan Lasqi Karawang

Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh (tengah) saat menghadiri Festival Ramadhan Lembaga Qasidah
Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh (tengah) saat menghadiri Festival Ramadhan Lembaga Qasidah

Gemapos.ID (Jakarta) - Sebanyak 96 kelompok musik qasidah yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengikuti Festival Ramadhan Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Karawang.

Festival Ramadhan Lasqi yang digelar di salah satu mal di wilayah Telukjambe Timur, Karawang, Ahad, dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh.

"Alhamdulillah, selain menjadi ajang silaturahim, kegiatan ini juga merupakan ajang pencarian bakat dan peningkatan kualitas peserta, untuk ke depannya bisa mewakili Karawang di festival tingkat nasional," kata Wabup.

Ia menyebutkan pada dasarnya kegiatan Festival Ramadhan yang digelar Lasqi ini tidak hanya sebagai acara pencarian bakat dalam hal seni musik religi.

Lebih dari itu, katanya, Festival Ramadhan Lasqi ini juga menjadi ajang dakwah dalam mensyiarkan Islam kepada masyarakat, tentunya melalui media musik.

Ketua Lasqi Karawang, Endang Sodikin, mengatakan kalau Festival Ramadhan yang diselenggarakan oleh Lasqi pada bulan Ramadhan tahun ini adalah yang ketiga kali.

"Sebenarnya kegiatan ini rutin digelar, dan tahun ini sudah yang ketiga kali," katanya.

Kali ini, ada 96 peserta yang mengikuti Festival Ramadhan Lasqi. Para peserta itu berasal dari berbagai kecamatan di Karawang.

Festival Ramadhan ini memperlombakan kesenian musik nuansa religi. Di antaranya, rebana, pop religi, dan bintang vokalis gambus.

"Melalui festival ini, insya Allah nanti ke depannya kita juga akan berpartisipasi dalam lomba seni qasidah tingkat nasional," kata Endang.(ap)