Brasil Juara Piala Amerika Selatan U-20, Modal Penting Menuju Indonesia

Brazil U20 juara piala amerika 2023 (ist)
Brazil U20 juara piala amerika 2023 (ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Brasil sukses jadi juara kompetisi Piala Amerika Selatan U-20 usai menang atas Uruguay di laga terakhir yang menggunakan format round robin. Titel juara ini jadi modal bagus mereka menuju Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Dalam duel terakhir antara Brasil vs Uruguay yang berlangsung di Bogota, Senin (13/2) pagi, Brasil mampu mengalahkan Uruguay dengan skor 2-0. Brasil harus menunggu lama sebelum akhirnya sukses membongkar pertahanan Uruguay.

Gol pertama Brasil dicetak Andrey Santos di menit ke-84. Saat pertandingan memasuki masa injury time, Brasil kemudian menambah keunggulan lewat Pedro.

Kemenangan atas Uruguay membuat Brasil melangkahi torehan poin Uruguay di klasemen akhir fase final. Brasil mengoleksi 13 poin, unggul satu angka atas Uruguay yang ada di posisi kedua. Uruguay yang hanya butuh hasil imbang pun harus gigit jari karena kalah lewat dua gol di pengujung laga.

Laga Piala Amerika Selatan U-20 ini juga sekaligus jadi kualifikasi menuju Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Indonesia. Selain Brasil dan Uruguay, dua tim lainnya yang lolos ke Indonesia adalah Kolombia dan Ekuador.

Timnas Indonesia U-20 bakal bertarung di Piala Dunia U-20 dengan status sebagai tuan rumah pada Mei mendatang. Namun sebelum berlaga di kompetisi tersebut, Timnas Indonesia akan lebih dulu tampil di Piala Asia U-20 pada Maret.

Klasemen Akhir Fase Final Piala Amerika Selatan U-20

1. Brasil 13 poin
2. Uruguay 12 poin
3. Kolombia 10 poin
4. Ekuador 4 poin
5. Venezuela 2 poin
6. Paraguay 1 poin