Sandiaga Berharap Kemenparekraf dan NU Berkolaborasi Buat Lapangan Usaha

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (kanan) saat peringatan seabad Nahdlatul Ulama
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (kanan) saat peringatan seabad Nahdlatul Ulama

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menginginkan adanya kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan Nahdlatul Ulama (NU) untuk menciptakan lapangan usaha dan kesempatan kerja bagi santri, keluarga besar dan pecinta NU.

"Selamat datang di abad kedua NU, selamat memberikan semangat Indonesia, semangat keislaman, semangat Islam yang rahmatan lilalamin, dan tentunya dengan bingkai ahlussunnah wal jamaah kita berharap NU terus bisa membagi kontribusi tak hanya kepada Indonesia, tapi juga dunia," kata Menpaekraf Sandiaga Uno usai menghadiri resepsi peringatan satu abad NU di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa.

Ia mengatakan dengan pendekatan digitalisasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menitipkan pesan bahwa NU bisa membangun kemandirian serta menjaga persatuan dan kesatuan. "Dan terus mendorong kemajuan dalam ekonomi, khususnya ekonomi umat," ujar Sandiaga Uno.

Dalam puncak resepsi seabad NU warga Nahdiyin memadati jalan utama di depan Stadion Gelora Delta Sidoarjo Jawa Timur. Warga menggelar tikar dan duduk depan depan layar video untuk melihat kegiatan yang berlangsung di dalam stadion.

"Ya, tidak masuk stadion karena penuh. Kami menunggu di depan saja," kata Ahmad salah satu peserta peringatan seabad NU asal Kediri.

Dua ruas jalur di Jalan Raya Ponti di sisi barat Stadion Gelora Delta Sidoarjo sepanjang satu kilometer dipenuhi peserta yang mengenakan baju putih-putih. Demikian pula dengan Jalan Pahlawan sepanjang 1,5 kilometer yang berada di sisi selatan stadion juga tak luput dari kumpulan peserta.

Layar besar yang ditempatkan di parkir timur Gelora Delta Sidoarjo juga penuhi peserta. Peserta yang hadir tidak hanya didominasi oleh orang tua, remaja, tetapi juga anak-anak.(ri)