Menparekraf Optimistis pada 2023 Sektor Pariwisata Tetap Tumbuh

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat menjadi pembicara pada Studium Generale 2022-2023 Seri 6 di Universitas Surabaya (Ubaya), Senin
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat menjadi pembicara pada Studium Generale 2022-2023 Seri 6 di Universitas Surabaya (Ubaya), Senin

Gemapos.ID (Jakarta) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis sektor pariwisata akan tetap tumbuh di tengah isu resesi global yang diprediksi akan terjadi tahun depan.

"Karena Indonesia memiliki ketangguhan yang cukup kuat untuk menghadapi goncangan apapun yang akan datang," kata Sandiaga usai menghadiri Studium Generale 2022-2023 Seri 6 di Universitas Surabaya (Ubaya), Jawa Timur, Senin.

Sandiaga mengungkapkan ekonomi kreatif tahun ini mampu menciptakan 700.000 lapangan kerja.

Di tengah gejolak pandemi dan ketidakpastian ekonomi global, lanjut Sandiaga, proyeksi ekonomi Indonesia yang akan tumbuh positif di tengah ancaman resesi global tahun 2023.

Meski tahun 2023 diprediksi menjadi tahun yang "gelap", peluang usaha akan tetap tercipta.

"Tahun depan kami optimistis ekonomi akan sekitar 5 persen," katanya.

Sandiaga juga yakin bahwa Ubaya akan menjadi mitra yang sangat andal dan mumpuni dalam memastikan bahwa ekonomi terus tumbuh.

"Terutama dengan Fakultas Industri Kreatif salah satu yang pertama di Indonesia bisa menghadirkan karya terbaik bangsa," kata dia.

Ketua Panitia Studium Generale 2022-2023 Seri 6, Thomas Sixtus Iswahyudi Hari Widodo menyebutkan peran Kemenparekraf penting untuk menguatkan karakter inovatif dan kewirausahaan bagi civitas akademika, khususnya generasi muda.

"Pemikiran Sandiaga Uno tentang dua sektor ini patut kita dengarkan sebagai wawasan terbaru dalam kaitannya dengan pemulihan ekonomi. Melalui studium generale ini, Ubaya ingin mengajak masyarakat untuk dapat meningkatkan kemampuan diri melalui pembuatan karya inovasi kreatif," ujar Yudi, sapaan akrabnya.(pu)