Lemparan Kedalam Pratama Arhan Mimpi Buruk Timnas Vietnam

Lemparan kedalam Pratama Arhan pemai timnas Indonesia (Foto: PSSI)
Lemparan kedalam Pratama Arhan pemai timnas Indonesia (Foto: PSSI)

Gemapos.ID (Jakarta) - Mengantisipasi lemparan maut Pratama Arhan menjadi salah satu menu utama latihan terakhir Vietnam jelang melawan Indonesia pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022.

Dalam sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (5/1), pelatih Vietnam Park Hang Seo memerintahkan kiper kedua Nguyen Manh untuk melakukan lemparan jauh layaknya yang dilakukan Pratama Arhan di setiap laga Indonesia.

Dikutip dari Zing, Hang Seo sengaja melakukan hal itu agar kiper pertama Vietnam Dang Van Lam dapat mengantisipasi lemparan ke dalam Arhan di laga Indonesia vs Vietnam sore ini.

"Kiper nomor 2 Vietnam [Nguyen Manh] harus melakukan lusinan lemparan ke dalam agar melatih Dang Van Lam untuk mengantisipasi lemparan ke dalam itu," tulis Zing.

Park Hang Seo sadar lemparan maut Pratama Arhan akan kembali jadi andalan Timnas Indonesia saat melawan Vietnam. Terlebih pada pertandingan sebelumnya melawan Filipina, Indonesia mampu mencetak gol lewat sundulan Dendy Sulistyawan usai menerima umpan lemparan Arhan.

"Fakta bahwa Indonesia memanfaatkan sepenuhnya situasi lemparan ke dalam memberikan pengaruh yang signifikan. Pemain terkenal Indonesia yang melakukan lemparan ke dalam itu adalah bek bernomor punggung 12 Pratama Arhan. Dia sangat mahir dalam gerakan ini dan diangkat oleh staf pelatih ke rencana serangan metodis."

Penjaga gawang utama Dang Van Lam pun berusaha melakukan sejumlah penyelamatan terhadap bola yang datang ke arah pemain di area kotak penalti, termasuk berupaya memotong si kulit bundar sebelum disambut pemain lainnya.

Selain itu, Hang-seo juga berusaha meminimalisasi kesalahan Van Lam yang masih terlihat dari sistem permainan terbuka ketika mengalahkan Myanmar 3-0 di laga terakhir Grup B.

Hang-seo terlihat beberapa kali memanggil Van Lam, dan berbicara tanpa didampingi penerjemah.Park Hang Seo sendiri mengaku persiapan Vietnam sudah sangat matang untuk melawan Indonesia pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022.

"Secara mental dan fisik, kami sudah mempersiapkan segalanya untuk menjalani pertandingan ini," ujar Hang Seo.

Kickoff Indonesia vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno akan dimulai pukul 16.30 WIB sore ini.(da)