Berikut Jawaban Menohok Pelatih Vietnam Usai STY Sebut Indonesia Selevel Dengan Vietnam

Foto Shin Tae-yong dan Park Han Seo(ist)
Foto Shin Tae-yong dan Park Han Seo(ist)

Gemapos.ID (Jakarta) - Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, beri jawaban soal pernyataan Shin Tae-yong yang menyebut Timnas Indonesia selevel dengan Vietnam. Dia memberi sindiran keras kepada Shin Tae-yong untuk jangan hanya berbicara, tetap memberi bukti bahwa Timnas Indonesia memang sudah selevel Vietnam saat ini.

Hal tersebut disampaikan jelang Timnas Indonesia berhadapan dengan Vietnam dalam laga leg II semifinal Piala AFF 2022. Laga itu akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin 9 Januari 2023 pukul 19.30 WIB.

Jelang laga tersebut, kedua pelatih kedua kesebelasan menebar psywar. Berawal dari ucapan Shin Tae-yong yang menyebut kalau Timnas Indonesia saat ini sudah berubah dan kuat seperti Vietnam.

Tampaknya, Park Hang-seo tidak terima dengan ucapan Shin Tae-yong. Pelatih berusia 65 tahun ini menyebut, kompatriotnya itu harus membuktikan kata-katanya jika memang benar Timnas Indonesia sudah selevel dengan Vietnam.

“Pelatih Shin Tae-yong mengatakan bahwa tim Indonesia berada di level Vietnam,” kata Hang-seo, dikutip dari Soha, Minggu (8/1/2023).

“Namun, pelatih harus membuktikannya dengan hasil, bukan hanya kata-kata. Pelatih harus menunjukkan hasil dan bertanggung jawab atas hasil tersebut,” lanjutnya.

Hang Seo sejatinya mengakui Timnas Indonesia memang menjadi semakin kuat sejak ditangani Shin Tae-yong. Namun tetap, dirinya ingin kompatriotnya itu membuktikan ucapannya dengan hasil di laga esok hari. Park Hang-seo bahkan mengatakan kalau nyatanya Timnas Indonesia kalah, Shin Tae-yong lebih baik diam.

“Saya tidak terbiasa menilai lawan atau pelatih mereka. Bagi saya, tim Indonesia memang semakin kuat, itu benar,” jelas Park Hang-seo.

“Saya juga berharap kata-kata Pak Shin tercermin dalam hasil. Jika saya kalah, maka saya mengakuinya. Jika tim Vietnam menang, maka saya harap dia berhenti berbicara,” sambungnya.

Park Hang-seo dan Shin Tae-yong memang terlihat tidak memiliki hubungan yang baik. Entah apa yang membuat mereka tidak akrab, padahal sama-sama berasal dari Korea Selatan.

Contoh kecilnya seperti pada pertandingan leg I semifinal Piala AFF 2022. Setelah pertandingan selesai, Shin Tae-yong tampak menghampiri Park Hang-seo untuk berjabat tangan. Namun nyatanya, pelatih Timnas Vietnam itu mengelak dan terus berjalan keluar lapangan.(da)