Waspada Akun Bot Menyamar Sebagai Customer Care

Ronald Sipayung
Ronald Sipayung
Gemapos.ID (Jakarta) - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri meminta masyarakat berhati-hati terkait akun bot yang berpura-pura menjadi customer care bank untuk menipu nasabah. Penipuan itu bermodus meminta kode OTP. Bareskrim mengungkap modus penipuan lain, yaitu business e-mail compromise. Di kasus ini, si penipu menggunakan domain e-mail yang menyerupai e-mail palsu untuk mengecoh korban. Business e-mail compromise merupakan salah satu modus penipuan yang menggunakan e-mail sebagai sarana atau alat untuk berkomunikasi untuk melakukan penipuan. Dalam proses penipuan ini si pelaku menggunakan domain e-mail yang menyerupai atau yang mirip dengan domain e-mail yang sama yang asli sehingga membuat korban-korban ini terkecoh. "Padahal sebenarnya itu adalah domain e-mail yang palsu," kata Kanit 1 Subdit 1 Direktorat Tindak Pidana Siber Bareksrim AKBP Ronald Sipayung. Teknik si penipu yang digunakan dalam business e-mail. Dalam proses tindak pidana ini si pelaku sering melakukan teknik grooming. Teknik grooming adalah teknik di mana si pelaku berpura-pura atau berperan sebagai orang yang sebenarnya. Contoh kasus-kasus business e-mail compromise terjadi dalam hubungan mitra bisnis mitra pekerjaan antara satu orang dan orang lain. Proses terjadi grooming tanpa korban sadari biasa menerima e-mail yang tidak diteliti dan jeli e-mail yang dikirim oleh rekan bisnis kita yang asli. "Serupa tapi tak sama, kalau kita lihat secara detail secara jeli akan menemukan perbedaan-perbedaan yang asli dan yang palsu," ujarnya.