Mantan Politisi PSI Tsamara Amany Minta Bantuan Polri, Ada Apa?

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengemukakan cuitan mantan politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany di akun pribadi Twitternya atas serangan fasisme melalui suatu komentar di media sosial (medsos)-nya akan ditindaklanjuti dengan mendalaminya.
Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengemukakan cuitan mantan politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany di akun pribadi Twitternya atas serangan fasisme melalui suatu komentar di media sosial (medsos)-nya akan ditindaklanjuti dengan mendalaminya.

Gemapos.ID (Jakarta) - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mengemukakan cuitan mantan politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany di akun pribadi Twitternya atas serangan fasisme melalui suatu komentar di media sosial (medsos)-nya akan ditindaklanjuti dengan mendalaminya. 

"Yang pasti bakal dicek, diperdalam," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Gatot Repli Handoko pada Jumat (22/4/2022). 

Namun, Polri belum dapat mengungkapkan tindakan yang diambil secara lebih terperinci terkait serangan rasial terhadap Tsamara Amany. Namun, pihak ini memastikan akan ditindaklanjutinya. 

Sebelumnya, Tsamara Amany menggunggah foto di akun Twitter pribadinya @TsamaraDKI yang menampilkan komentar bermuatan rasial terhadap dirinya. Dalam cuitannya itu, dia menautkan unggahan tersebut ke akun Twitter resmi Divisi Humas Polri @DivHumas_Polri.

"Halo, tolong @DivHumas_Polri. Ini keterlaluan. Bukan nasionalisme. Jelas fasisme…," cuitnya/

Komentar fasisme yang diunggah Tsamara Amany di akun Twitternya yang berbunyi, "Dia 'kan genetikanya ada bau-bau gurun pasir jadi tidak betah dengan hal-hal yang berbau nasionalis jadi dia kembali ke habitat aslinya yaitu kadrun. Jika saya yang memegang otoritas tertinggi di Indonesia saya akan mengeluarkan dekrit untuk memerintah angkatan bersenjata kita untuk mengirim seluruh para keturunan imigran Arab Yaman tanpa reserve yang ada di Indonesia untuk dikirim ke camp solusi final akhir dan saya pastikan akan jauh ekstrem apa yang pernah dilakukan Nazi Jerman terhadap orang Yahudi."

Sementara itu istilah fasisme berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring bermakna prinsip atau paham golongan nasionalis ekstrem yang menganjurkan pemerintahan otoriter. Di dalam KBBI Daring juga memuat rasialisme yang bermakna prasangka berdasarkan keturunan bangsa. 

Tsamara Amany mengundurkan diri dari Ketua DPP dan anggota Partai Solidaritas Indonesia lewat akun pribadi YouTube pada Senin (18/4/2022). Pasalnya, dia ingin melanjutkan pengabdian dari luar partai politik (parpol).