Jenazah Eril Diperkirakan Tiba di Tanah Air Akhir Pekan Ini

Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril putra sulung Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare, Swiss. (sumber: twitter @ata_lia)
Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril putra sulung Ridwan Kamil yang hilang di Sungai Aare, Swiss. (sumber: twitter @ata_lia)

Gemapos.ID (Jakarta) - Jenazah putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, telah ditemukan pada Rabu (8/6/2022) pagi waktu setempat di wilayah sungai Aare, Swiss.

Hal itu dikonfirmasi pihak berwajib Swiss setelah dilakukan pemeriksaan forensik dan tes DNA pada jenazah yang ditemukan di pintu air Engehalde, di Bern yang diduga Eril itu.

Selanjutnya, menurut pengakuan perwakilan keluarga Ridwan Kamil di Swiss, Elpi Nazmuzaman, pihaknya akan melakukan prosesi sesuai syariat islam kepada jenazah Eril.

Jenazah putra sulung Ridwan Kamil itu menurutnya akan dibawa pulang ke Indonesia secepatnya untuk dimakamkan oleh pihak keluarga. 

"Kami akan melakukan secepat-cepatnya. Harapan kami setidaknya tiba di Indonesia pada Sabtu atau hari Ahad (Minggu)," kata adik kandung Ridwan Kamil itu dalam konferensi pers yang difasilitasi KBRI Bern secara daring, Kamis (9/6/2022) malam WIB.

Mewakili pihak keluarga, Elpi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pencarian hingga jenazah Eril dapat diketemukan.

Diketahui, Eril telah diyakini dan dinyatakan meninggal oleh keluarga setelah menghilang terseret arus saat berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022 lalu.

Sejak dinyatakan hilang, berbagai upaya pencarian dilakukan secara intensif oleh otoritas setempat. Hingga H+7 pencairan keberadaan Eril belum juga ditemukan. 

Meski pihak keluarga sudah ikhlas pencarian terhadap jasad Eril akan tetap dilakukan. Hingga pada Rabu (8/6/2022) pagi, polisi wilayah Bern menemukan seorang pria tergeletak di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss. 

Polisi memastikan laki-laki tersebut sudah tidak bernyawa. Dari pemeriksaan forensik yang dilakukan, diketahui bahwa jasad itu merupakan Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril. (rk)