3 Korban Terluka Perosotan Ambruk Kenpark Dioperasi Hari Ini

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soetomo Surabaya mengoperasi tujuh korban seluncuran ambruk Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya pada Sabtu, 7 Mei 2022.
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soetomo Surabaya mengoperasi tujuh korban seluncuran ambruk Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya pada Sabtu, 7 Mei 2022.

Gemapos.ID (Jakarta) -Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soetomo Surabaya mengoperasi tujuh korban seluncuran ambruk Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya pada Sabtu, 7 Mei 2022. Dari jumlah ini sebanyak empat korban sudah dioperasi pada Minggu (8/5/2022). 

“Besok (hari ini) ada tiga pasien yang akan dioperasi, tapi tidak sebesar hari ini karena tidak terlalu parah. Mudah-mudahan berjalan lancar,” kata Direktur Utama (Dirut) RSUD dr. Soetomo, dr. Joni Wahyuhadi pada Senin (9/5/2022). 

Seluncuran ambruk Kenpark berakibat 17 orang luka-luka terbagi delapan pasien menjalani perawatan di RSUD dr. Soetomo. Dari jumlah ini satu orang sudah diizinkan pulang karena kondisinya membaik.

Dengan demikian, para korban yang dirawat terdiri dari pasien berusia dewasa dan anak-anak. 

“Dari tujuh yang kami rawat, ada satu pasien yang menggunakan ventilator karena memang ada gangguan di paru-paru, di wajah dan di otaknya. Dari penilaian kami, Insya Allah bisa dilakukan pertolongan," ucapnya. 

RSUD dr. Soetomo Surabaya juga akan memberikan pemulihan trauma kepada korban sebagaimana pesan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Semuanya sudah didukung oleh Gubernur Khofifah dan Menko PMK Muhadjir Efendi. Pihak keluarga sudah diedukasi. Pasien tadi kelihatannya ketakutan dan trauma karena bisa dibayangkan jatuh dari ketinggian seperti itu," ujarnya. 

Pemulihan secara psikis harus dilakukan ketika kondisi pasien stabil berdasarkan orientasi waktu, orang dan tempat.

"Kalau dilihat tadi wajahnya tegang. Kita bisa memaklumi, jatuh seperti itu tidak diduga-duga," tuturnya. (ant/mau)