Pihak Berwenang Diminta Cek Kalibrasi dan Standar Kenpark

Pihak Berwenang Diminta Cek Kalibrasi dan Standar Kenpark
Pihak Berwenang Diminta Cek Kalibrasi dan Standar Kenpark

Gemapos.ID (Jakarta) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) meminta seluncuran ambruk Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya tidak kembali terjadi di sana atau tempat lain. 

Langkah ini bisa dilakukan dengan pengecekan wahana dan memastikan kondisinya aman oleh pengelolanya. 

"Kalibrasinya dicek, standarnya. Kalau itu kreatornya dari luar, juga sering-sering untuk dicek dan dipastikan kondisinya aman," kata Menteri Koordinator (Menko PMK) Muhadjir Effendi pada Senin (9/5/2022). 

Para petugas wahana wisata juga diminta mengawasi pengunjung yang menggunakan alat permainan. Jangan sampai penggunaannya melebihi atau melanggar prosedur.

Apalagi wahananya punya risiko tinggi, jangan sampai ditinggalkan dan betul-betul waspada. 

“Namanya anak-anak bermain kan ada saja yang memanfaatkan wahana. Jadi harus diawasi betul," tuturnya. 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menambahkan pengelola wisata tidak hanya wajib memiliki izin, tapi ini dipastikan perawatan wahana permainan secara berkala. Jadi, evaluasi akan dilakukan bagi tempat wahana atau wisata lainnya. 

Setiap pengelola atau investor yang memiliki wahana wisata harus memberikan laporan hasil kelayakan. Pasalnya, setiap penggunaan fasilitas atau wahana wisata harus sesuai dengan kapasitasnya.

"Ini menjadi pembelajaran betul untuk pengelola tempat wisata. Bagaimana tempat wisata harus selalu melihat keamanan, kekuatan permainannya," tuturnya, 

Muhadjir Effendy didampingi Eri Cahyadi mengecek langsung kondisi para korban yang sedang menjalani perawatan di RSUD Soewandhie Surabaya. Keduanya juga mengunjungi korban yang memperoleh perawatan di RSUD dr, Soetomo Surabaya.

"Saya bersama Pak Wali Kota (Eri Cahyadi) membesuk anak-anak yang kemarin mengalami insiden di Kenjeran Waterpark. Tadi cek kondisinya (korban) masing-masing. Insya Allah ditangani oleh dokter-dokter yang sangat berkompeten, sehingga semuanya bisa terselesaikan dengan baik," ucapnya. (ant/din)