Pemkot Surabaya Akan Evaluasi Tempat Wisata di Wilayahnya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan mengevaluasi semua tempat wisata yang terdapat di wilayahnya.
Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan mengevaluasi semua tempat wisata yang terdapat di wilayahnya.

Gemapos.ID (Jakarta) - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan mengevaluasi semua tempat wisata yang terdapat di wilayahnya. Hal ini dilakukan setelah seluncuran ambruk di Kenjeran Park (Kenjeran) Surabaya pada Sabtu (7/5/2022). 

"Saya menekankan kembali kepada setiap investor yang memiliki tempat wahana wisata di Surabaya, harus memiliki izin. Selain itu juga harus diimbangi dengan perawatan berkala agar tidak terjadi lagi hal serupa di tempat wisata lain," kata Wali Kota (Walkot) Surabaya Eri Cahyadi pada Minggu (8/5/2022). 

Jika pemeliharaan wahana wisata dilakukan oleh investor, maka ini harus bisa menjamin layak fungsi. Jadi, tempat ini akan dievaluasi Pemkot Surabaya. 

Setiap pengelola atau investor tempat wahana harus memberikan laporan hasil kelayakan. Mereka harus tahu kondisi fasilitasnya, karena ini harus sesuai dengan kapasitasnya.

"Semua sudah dilakukan atau belum oleh pengelola nanti kami cek lagi,” ucapnya. 

Eri Cahyani mengemiukakan dari penjelasan pengelola Kenpark disebutkan ada wahana yang kelebihan beban. Itu harus dijaga dan harus sesuai maksimal wahananya.

“Kalau tidak sesuai ya ambruk. Kami lihat dulu hasil evaluasinya, sembari menunggu hasil penyelidikan dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak," ucapnya. 

Peringatan akan diberikan kepada pengelola Kenpark karena tidak mengutamakan keselamatan pengunjung pada fasilitas yang dimilikinya. Jadi, pengelola ini segera melakukan evaluasi secara keseluruhan demi keselamatan pengunjung.

Pengelola Kenpark juga diminta bertanggung jawab ke seluruh korban yang mengalami cedera dan memastikan tempat wisata di Kota Surabaya aman bagi wisatawan.

"Bagaimana manajemen bisa memberikan kepastian bahwa tidak semua tempat wisata di Surabaya seperti ini," ujarnya. (ant/moc)