TNI Siap Jaga Festival Bau Nyale di Pantai Seger KEK Mandalika

Ilustrasi festival Bau Nyale di Pantai Seger, Kuta Mandalika
Ilustrasi festival Bau Nyale di Pantai Seger, Kuta Mandalika

Gemapos.ID (Jakarta) - Komandan Kodim 1620/Lombok Tengah, Letnan Kolonel Infantri I Putu Tangkas Wiratawan katakan prajurit TNI siap menjaga kelangsung festival Bau Nyale di Pantai Seger, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Kami bersama sama dengan Sat Pol PP akan mendukung polisi selama perayaan tradisi Bau Nyale (menangkap cacing laut)," kata Letkol I Putu Tangkas, di NTB, hari ini (19/2/2022).

Telah disepakati oleh para tokoh budaya dari delapan penjuru mata angin bahwa puncak perayaan Festival Pesona Bau Nyale diselenggarakan di Pantai Seger, KEK Kuta Mandalika, pada 20-21 Februari 2022. 

"Beberapa kegiatan penunjang juga telah dilakukan oleh pemerintah daerah," katanya.

Ia mengatakan, semua orang menginginkan dan mengharapkan agar pelaksanaan tradisi Bau Nyale dapat berjalan tertib, aman dan kondusif. Tetapi, menurutnya hal itu tidak terlepas dari peran serta masyarakat yang juga harus ikut menjaga keamanan, ketertiban secara baik.

Karena itu, ia menambahkan para prajurit khususnya Babinsa harus berperan aktif mengingatkan warga masyarakat dalam setiap kesempatan bertemu dengan warga binaan. 

"Anggota terus ingatkan supaya selalu menyampaikan pesan-pesan untuk menjaga situasi keamanan dengan baik," katanya.

Ia juga mengatakan, hingga kini, tak ada gangguan keamanan yang sifatnya meresahkan masyarakat, semuanya masih dalam takaran normal yang masih dapat diatasi dengan baik.

Meski demikian, dirinya tak lupa untuk mengingatkan anggotanya agar senantiasa waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan terjadinya gangguan keamanan di wilayah Lombok Tengah.

"Karena ini bagian dari citra pariwisata kita, maka untuk bisa memberikan rasa aman bagi seluruh masyarakat yang datang menikmati pelaksanaan tradisi Bau Nyale nanti, kita sebagai TNI harus siap jika sewaktu-waktu di butuhkan," katanya. (ant/ra)