Kodim 0913 Penajam Lakukan Patroli Amanan Pembangunan IKN Nusantara

Komandan Kodim atau Dandim 0913 Penajam Paser Utara Letnan Kolonel Infantri Arfan Affandi di Penajam
Komandan Kodim atau Dandim 0913 Penajam Paser Utara Letnan Kolonel Infantri Arfan Affandi di Penajam

Gemapos.ID (Jakarta) - Komando Distrik Militer atau Kodim 0913 Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur melakukan patroli di kawasan inti Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara mengamankan proses pembangunan IKN Indonesia baru itu.

Pengamanan dan pengawasan proses pembangunan IKN Nusantara, menurut Komandan Kodim atau Dandim 0913 Penajam Paser Utara Letnan Kolonel Infantri Arfan Affandi di Penajam, Rabu, menjadi perhatian utama.

Upaya pengamanan dan pengawasan terus ditingkatkan, ujar dia, salah satunya dengan melakukan kegiatan patroli secara rutin setiap hari di wilayah IKN Indonesia baru.

Kodim 0913 Penajam Paser Utara lakukan koordinasi dengan Kepolisian Resor (Polres) dan pemerintah kabupaten setempat dalam melakukan pengamanan dan pengawasan agar pembangunan IKN Nusantara berjalan lancar.

Pengawasan dan pengamanan melibatkan kepala satuan kerja beserta pejabat yang bertanggung jawab, dan pihak yang terlibat kerja sama operasional pembangunan IKN Indonesia baru.

Pengamanan dan pengawasan tersebut, tegas Dandim, harus didukung pihak yang sedang melaksanakan pekerjaan dalam proyek pembangunan IKN Nusantara karena keterbatasan kemampuan TNI dan Polri.

Pembangunan infrastruktur dasar IKN Indonesia baru yang sedang berjalan, di antaranya Bendungan Sepaku-Semoi, pengambil air (intake) Sungai Sepaku, serta pelebaran jalan poros Petung-Sepaku.

Kemudian pembangunan jalan lingkar Sepaku, rumah susun pekerja dan embung di kawasan inti IKN Nusantara juga tengah dilakukan.

Pemerintah pusat bakal membangun Istana Negara, kantor kementerian dan kantor lembaga negara lainnya, serta beberapa titik jalan tol penghubung IKN Indonesia baru pada 2023.

Kodim 0913 Penajam Paser Utara juga ajak masyarakat setempat turut mendukung dan mengamankan proses pembangunan IKN Nusantara.

Pengawasan dan Pengamanan proses pembangunan IKN Indonesia baru, jelas Arfan Affandi dilakukan secara terbuka terhadap berbagai aspek lingkungan maupun sosial dan budaya.(pu)