Pemain Lokal Diminta Ciptakan Peluang Baru
“Saya tahu di e-commerce komponen produk ekonomi kreatif itu bisa 60 sampai 70 persen. Tetapi produk buatan Indonesia hanya 10 persen dari produk ekonomi kreatif yang dijual di e-commerce,” katanya. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah pada kesempatan yang sama juga menjelaskan, di era revolusi industri 4.0, manusia tidak lagi menjadi satu-satunya penggerak utama. Sebab, perkembangan teknologi dan informasi memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan ketenagakerjaan. Ia menilai, yang paling cerdas berinovasilah yang unggul di masyarakat. Dan yang paling responsif terhadap perubahan yang akan bertahan. "Karakter industri pun berubah tidak lagi berbasis pada sumber daya alam (SDA) melainkan berbasis pengetahuan, inovasi, SDM. Jadi, beranilah bersaing," ujarnya. Sementara itu, CEO Vokraf Fina Silmi menjelaskan vokraf merupakan platform edukasi online yang berfokus untuk meningkatkan talenta muda sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan oleh industri kreatif. “Ada empat bidang kreatif yang menjadi fokus saat ini, yaitu copywriter, 3D animator, graphic designer, dan Youtube content creator. Nantinya para pengguna akan mendapat pelatihan secara langsung dari para expert yang bekerja di perusahaan ternama,” ujar Fina Silmi.(AAN)