Indomaret Diminta Selesaikan Konflik Karyawan dengan Musyawarah

A.A. La Nyalla Mahmud Mattalitti
A.A. La Nyalla Mahmud Mattalitti
Gemapos.ID (Jakarta) - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) berharap perselisihan yang terjadi antara Indomarco Prismatama (Indomaret) dengan karyawannya tentang pemberian uang Tunjangan Hari Raya (THR) bisa diselesaikan melalui musyawarah, Kedua belah pihak bisa mencari solusi terbaik dengan melibatkan mediator dari Disnaker untuk mencapai titik temu permasalahan. Sebelumnya, seorang karyawan Indomaret merusak gypsum kantor sebesar 20-25 cm lantaran dia kecewa uang THR lebaran 2020 tidak dibayarkan perusahaan ini sebesar 100%. Namun, hal ini tidak membuat Indomaret mengabulkannya permintaan dia. Malahan, dia diancam hukuman pidana atas perusakan tersebut. "Dalam kasus ini, perusahaan bisa meminta ganti rugi, misalnya dengan memotong gaji. Jadi tidak perlu sampai ke meja hijau," kata Ketua DPD, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti pada Rabu (19/5/2021). Apalagi, langkah yang diambil Indomaret berimplikasi ancaman pemboikotan pembelian produk-produk yang dijualnya oleh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI). Jadi, persoalan ini bisa diselesaikan tanpa melibatkan tindakan hukum. "Utamakan kekeluargaan. Lakukanlah dialog antara pihak perusahaan dengan karyawan sehingga tidak perlu sampai harus lapor melapor ke kepolisian," ucap La Nyalla. Dengan demikian Kemenaker diminta ikut memantau persoalan tersebut. Komite III DPD yang membidangi masalah ketenagakerjaan diperintahkan mengawasinya. Indomaret menanggapi ancaman boikot dari buruh dengan keyakinan mereka bisa berpikir dan bertindak jernih. “Kami kira semua dapat berpikir dan bertindak jernih, serta proposional,” ucap Wiwiek Yusufm Direktur Pemasaran PT Indomarco Prismatama (Indomaret). Walaupun demikian, Indomaret tidak khawatir ancaman boikot buruh tidak membeli produk-produk yang dijualnya. Perusahaan ritel ini memiliki 18.603 gerai di seluruh Indonesia. “Kami tetap berpikir positif,” tutur Wiwiek. Apalagi, Wiwiek menilai lokasi ritel yang dipunyai Indomarer berada di tempat-tempat strategis di berbagai daerah Indonesia. Langkah akan meningkatkan layanan yang lebih baik. “Servis selalu kami upayakan lebih baik,” ujarnya.