Perebutan Ketum PD Mirip Ketum Partai Berkarya?

Created with GIMP
Created with GIMP
Gemapos.ID (Jakarta) - Upaya pembajakan kepemimpinan politik bisa dilakukan secara cepat dan sistematis. Hal ini bisa dicontohkan pada isu kudeta kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dari Partai Demokrat (PD).
"Jika dibiarkan, tindakan makar itu bisa berjalan cepat dan sistematis," kata Pakar Politik dari International Studies Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam di Jakarta pada Senin (2/2/2021).
Sikap politik yang diambil AHY dinilai wajar dan bisa dipahami lantaran ini guna mengantisipasi dari upaya pembajakan kepemimpinan PD. Contohnya, semula kalangan internal Partai Berkarya tidak percaya  pencaplokan kepemimpinan partai politik (parpol) tersebut.
Namun, keinginan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Berkarya muncul tiba-tiba dari kalangan internal. Mereka kaget memperoleh legalisasi dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).
“Itu akibat dari sikap menyepelekan setiap informasi intelijen, meskipun tidak boleh dipercaya begitu saja. Mereka harus waspada," ujarnya.
Umam mengemukakan sikap yang dilakukan AHY dinilai tegas dan responsif guna membentengi PD dari cara-cara politik kotor yang mencoba membajak kepemimpinannya melalui jalan pintas. (mam)