Ketersediaan Internet Jadi Kendala Belajar Online
Persoalan keterbatasan keterampilan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, menurut dia, juga banyak dialami para guru yang belum seluruhnya terbiasa dengan teknologi yang digunakan saat pembelajaran daring. "Semakin tua usia guru hambatan dalam pemanfaatan teknologi semakin besar. Hambatan relatif lebih kecil dialami pada guru yang berusia dibawah 35 tahun," kata dia. Subarsono menyampaikan dari survei terhadap siswa ditemukan fakta bahwa hampir sebagian besar merasa kegiatan pembelajaran jarak jauh lebih sulit daripada kegiatan pembelajaran konvensional. Tak hanya itu, materi pembelajaran jarak jauh lebih sulit daripada materi pembelajaran tatap muka. "Sebagian besar siswa mengeluhkan bosan mengikuti pembelajaran daring dan lebih bersemangat mengikuti pembelajaran tatap muka," kata dia. Subarsono mengatakan bahwa pandemi COVID-19 menciptakan tantangan dan kebutuhan inovasi pembelajaran dengan teknologi sehingga kolaborasi antara sekolah dengan orang tua dalam pendidikan juga perlu diperkuat. Saat pandemi berakhir dia merekomendasikan pembelajaran jarak jauh untuk terus dilaksanakan dan melakukan inovasi pembelajaran agar dapat mengurangi beban siswa. "Kebijakan pendidikan pembelajaran jarak jauh antara online dan offline sebagai alternatif masa 'new normal'. Sementara itu pembelajaran tatap muka dapat dimulai ketika lingkungan sekolah dinyatakan aman dan ada kesepakatan dengan para pemangku kepentingan," kata dia. (ANT/AAN)