Iran Siagakan Sistem Pertahanan Udara Hadapi Serangan Israel

ilustrasi - Rudal (foto:gemapos/CNN)
ilustrasi - Rudal (foto:gemapos/CNN)

Gemapos.ID (Jakarta) - Israel dilaporkan telah melakukan serangan ke wilayah Iran. Merespon hal tersebut, pihak Militer Iran dikabarkan mengaktifkan sistem pertahanan udara.

Dilansir Al-Jazeera dan CNN, Jumat (19/4/2024), kantor berita milik pemerintah Iran mengatakan Iran telah menembakkan baterai pertahanan udara di beberapa provinsi.

Juru bicara badan antariksa Iran, seperti dikutip di Al-Jazeera Arab, mengatakan 'sejumlah drone kecil' telah ditembak jatuh. Namun, dia tidak menjelaskan lebih lanjut soal drone itu.

Sebelumnya, dilansir ABC News, Jumat (19/4), misil Israel telah menghajar satu lokasi di Iran. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai serangan Israel ke Iran ini. 

Iran pun disebut telah menangguhkan sejumlah penerbangan, termasuk ke Kota Teheran. Warga diminta mengecek kembali jadwal keberangkatan mereka.

Peristiwa ini terjadi menyusul meningkatnya konflik antara Iran dan Isarel. Seperti di ketahui, pada Sabtu (13/4) lalu, Iran meluncurkan serangan balasan ke Israel. Sebanyak 300-an drone dan rudal meluncur ke Israel. Namun, Israel menyatakan serangan Iran tidak menimbulkan dampak yang berarti.

Serangan Iran tersebut dimaksudkan sebagai balas dendam atas serangan Israel ke Konsulat Iran di Damaskus, Suriah, 1 April lalu. Serangan di Damaskus itu telah menewaskan dua jenderal Iran. (ns)