Israel Abaikan Seruan Barat, Netanyahu Sebut Akan Putuskan Cara Balas Iran

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. (gemapos/Reuters)
Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. (gemapos/Reuters)

Gemapos.ID (Jakarta) - Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menegaskan bahwa Israel akan membuat keputusannya sendiri untuk menentukan respon terhadap serangan Iran ke wilayahnya.

Pernyataan Netanyahu tersebut mengabaikan seruan negara-negara Barat meminta Israel untuk menahan diri.

 

Dilansir dari Reuters, Kamis (18/4/2024), Pernyataan tersebut disampaikan Netanyahu kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) Inggris David Cameron dan Menlu Jerman Annalena Baerbock ke Israel pada Rabu (17/4) waktu setempat.

Keduanya melakukan perjalanan ke Israel sebagai bagian dari upaya terkoordinasi untuk menjaga konfrontasi antara Israel dan Iran agar tidak meningkat menjadi konflik regional yang dipicu oleh perang Gaza.

Netanyahu berterima kasih kepada Annalena Baerbock dan David Cameron atas dukungan mereka. Namun menurut Kantor PM  Israel, Netanyahu menegaskan kepada mereka bahwa Israel akan menentukan cara membalas Iran.

"Saya ingin memperjelasnya - kami akan membuat keputusan sendiri, dan Negara Israel akan melakukan segala yang diperlukan untuk mempertahankan diri," ucap Netanyahu.

Seperti diketahui, Amerika Serikat, Uni Eropa, dan kelompok negara-negara industri G7 mengumumkan rencana untuk mempertimbangkan sanksi yang lebih ketat terhadap Iran.  Hal itu bertujuan untuk menenangkan dan membujuk Israel agar menghentikan pembalasan atas serangan langsung Iran(ns)