Panas! Israel Bakal Balas Serangan Iran

Potret Iran Hujani Israel dengan Rudal (Foto:REUTERS/Amir Cohen)
Potret Iran Hujani Israel dengan Rudal (Foto:REUTERS/Amir Cohen)

Gemapos.ID (Jakarta) - Terhadap serangan Iran ke Israel pada Sabtu (13/4/2024) malam waktu setempat. Israel sedang mempertimbangkan kemungkinan membalas serangan 170 pesawat tak berawak, lebih dari 30 rudal jelajah, dan lebih dari 120 rudal balistik ke Israel itu.

Dilansir BBC, Senin (15/4/2024) Menteri Kabinet Perang Israel, Benny Gantz, mengatakan bahwa negaranya akan membalas serangan Iran pada waktu yang tepat.

Israel dan sekutunya juga disebut telah menembak jatuh hampir semua rudal yang ditembakkan dalam serangan langsung Iran yang pertama terhadap Israel.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden mengutuk keras atas aksi serangan Iran kepada sekutunya itu.

"Berkat pengerahan ini dan keterampilan luar biasa dari anggota militer kami, kami membantu Israel menghancurkan hampir semua drone dan rudal yang masuk," kata Biden dilansir Dilansir BBC, Minggu (14/4/2024).

"Saya mengutuk keras serangan-serangan ini," sambungnya.

Namun demikian, AS mengaku tidak akan ambil bagian dalam aksi balasan dari Israel. Semata-mata untuk menghindari peningkatan permusuhan regional.

Selama hampir dua minggu Iran telah mengirimkan telegram rencananya untuk menanggapi serangan udara tanggal 1 April terhadap kompleks diplomatiknya di ibukota Suriah, Damaskus. Insiden ini menewaskan beberapa penasihat militer, termasuk dua jenderal penting Iran.

Iran menyalahkan Israel atas serangan itu dan mengatakan bahwa hal itu setara dengan serangan di wilayahnya sendiri.

Laksamana Muda Daniel Hagari, juru bicara militer Israel, mengatakan Iran menembakkan sekitar 300 drone peledak, rudal jelajah dan rudal balistik. Namun 99% di antaranya dicegat oleh Israel, didukung oleh AS, Inggris, Yordania, dan pasukan sekutu lainnya.

Di Yerusalem, sirene serangan udara berbunyi sekitar pukul 01:45 waktu setempat diikuti oleh ledakan keras setelah pertahanan udara mencegat rudal di atas kota. (rk/*)