Biden: Saya Mengutuk Keras serangan Iran ke Israel

Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (gemapos.RRI)
Presiden Amerika Serikat Joe Biden. (gemapos.RRI)

Gemapos.ID (Jakarta) - Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyebut mengutuk keras serangan Iran terhadap Israel. Biden menyatakan komitmen AS membantu Israel menghancurkan seluruh drone hingga rudal kiriman Iran.

Biden mengatakan ia telah mengarahkan pesawat militer AS beserta kapal perusak pertahanan rudal balistik ke wilayah tersebut selama sepekan terakhir.

"Berkat pengerahan ini dan keterampilan luar biasa dari anggota militer kami, kami membantu Israel menghancurkan hampir semua drone dan rudal yang masuk," kata Biden dilansir Dilansir BBC, Minggu (14/4/2024).

"Saya mengutuk keras serangan-serangan ini." sambungnya.

Seperti diketahui, Biden telah berbicara dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu beberapa saat yang lalu. Biden menegaskan kembali komitmen Amerika yang kuat terhadap Israel.

"Saya mengatakan kepadanya bahwa Israel menunjukkan kapasitas luar biasa untuk bertahan melawan dan mengalahkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya," kata Biden.

Dia menambahkan bahwa dengan melakukan hal tersebut, Israel telah mengirimkan "pesan yang jelas kepada musuh-musuhnya bahwa mereka tidak dapat mengancam keamanan Israel".

Presiden Biden mengakhiri pernyataannya dengan mengatakan bahwa dia akan mengadakan pertemuan dengan para pemimpin G7 pada hari Minggu "untuk mengoordinasikan tanggapan diplomatik yang bersatu terhadap serangan kurang ajar Iran".

Dia menambahkan bahwa timnya akan tetap berhubungan erat dengan para pemimpin Israel.

Biden mengatakan bahwa meskipun Amerika belum melihat adanya serangan terhadap fasilitas mereka, namun mereka "tetap waspada terhadap semua ancaman".

"Kami tidak akan ragu mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi rakyat kami," kata Biden. (ns)