Hizbulah Serang Pangkalan Israel, 14 Tentara Terluka

Bendera nasional Lebanon (kanan) dan bendera Hizbullah. (gemapos/antara)
Bendera nasional Lebanon (kanan) dan bendera Hizbullah. (gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta) - Kelompok bersenjata Hizbullah Lebanon dilaporkan menyerang pangkalan militer Israel di dekat perbatasan. Atas serangan tersebut, tercatat ada 14 tentara Israel yang terluka.

Dilansir AFP, Kamis (18/4/2024), Israel dan Hizbullah, kelompok yang didukung Iran, hampir setiap hari saling baku tembak lintas batas sejak kelompok militan Palestina menyerang Israel Selatan. Sebuah desa mayoritas Arab di Israel Utara, pasukan Israel menyerang sasaran di Lebanon Timur, kata sumber Hizbullah.

Menurut sumber tersebut, serangan itu menargetkan sebuah gudang di Iaat, kawasan pemukiman dekat Baalbek, dan melukai ringan satu orang.

Kantor Berita Nasional resmi melaporkan tiga serangan pesawat tak berawak di daerah yang merupakan basis Hizbullah yang jauh dari perbatasan dengan Israel. Seorang fotografer AFP mengatakan gudang yang dihantam menyimpan sayuran dan hasil pertanian.

Belum ada komentar langsung dari militer Israel terkait serangan itu.Hizbullah mengatakan pihaknya melancarkan serangan gabungan dengan peluru kendali dan drone peledak terhadap pusat komando pengintaian militer baru di Arab al-Aramshe.

Sementara, menurut tentara Israel sejumlah peluncuran dari Lebanon diidentifikasi melintasi wilayah Arab al-Aramshe. Hizbullah mengatakan serangan itu terjadi sebagai respons terhadap pembunuhan sejumlah pejuang perlawanan di Ain Baal dan Shehabiya pada hari Selasa.

Pada hari Selasa, Israel mengatakan serangannya di Lebanon Selatan menewaskan dua komandan lokal Hizbullah dan seorang agen lainnya. Juga kelompok yang didukung Iran mengatakan tiga anggotanya tewas ketika mereka meluncurkan roket sebagai pembalasan.

Otoritas lokal Israel mengatakan tiga orang terluka dalam serangan dari Lebanon pada hari sebelumnya.