Polisi Sebut 2 Titik Krusial Arus Balik: Kalikangkung dan Km 66 Tol Cikampek

gerbang Tol Cikampek. (foto: genapos/antara)
gerbang Tol Cikampek. (foto: genapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta) - Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan memaparkan beberapa titik krusial kemacetan selama arus balik Lebaran 2024. Aan menyebut ada 2 titik yakni Tol Kalikangkung dan Km 66 Tol Cikampek.

"Ada salah satu titik krusial di Jawa Tengah ini, itu Kalikangkung ini imbas dari Banyumanik. Banyumanik dan terus ke belakang ada di Colomadu, ini memang kita harus manage betul karena Banyumanik ini menjadi gerbang untuk para pemudik yang akan balik ke jabodetabek atau pun ke arah barat dari Surabaya, Solo, Jogja, itu akan melalui Banyumanik," kata Aan di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (13/4/2024).

Aan juga menuturkan, akan memberlakukan one way untuk memecah kemacetan tersebut. Dia menyebut tol Kalikangkung akan menjadi titik awal pemberlakuan sistem tersebut.

"Kemudian, Kalikangkung sendiri ini menjadi sentral juga dari tambahan dari Solo, Jogja, Surabaya, kemudian Semarang, pintu masuk di Kalikangkung. Sehingga ini juga akan kita manage juga di Kalikangkung. Dan di Kalikangkung ini akan menjadi titik start untuk pelaksanaan one way. Mungkin nanti akan kita laksanakan pada pukul 14.00 atau 15.00, kita lihat situasinya," imbuhnya.

Selanjutnya, di Tol Cikampek Km 66 juga menjadi titik krusial kepadatan pemudik pada arus balik nanti. Sehingga pihaknya sudah mempersiapkan rekayasa lalu lintas saat arus balik nanti.

"Kemudian ini di titik krusial 66, ini pertemuan TransJawa dan Cipularang Bandung, ini juga menjadi titik krusial karena kemarin informasi prediksi dari teman-teman Jasa Marga, di situ VCR-nya setelah menggunakan rekayasa lalu lintas masih ada di 0,98," pungkasnya. (ns)