Tol Cikampek-Kalikangkung Diberlakukan Satu Arah

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memperpanjang pemberlakuan arus lalu lintas satu arah (one way) dari KM 47 hingga KM 414 di Tol Cikampek-Kalikangkung
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memperpanjang pemberlakuan arus lalu lintas satu arah (one way) dari KM 47 hingga KM 414 di Tol Cikampek-Kalikangkung

Gemapos.ID (Jakarta) - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memperpanjang pemberlakuan arus lalu lintas satu arah (one way) dari KM 47 hingga KM 414 di Tol Cikampek-Kalikangkung sampai waktu tidak terbatas untuk mengatasi kepadatan lalu lintas.

"Berdasarkan kondisi di lapangan pada dini hari ini sampai dengan pukul 2.00 WIB, masih didapatkan besarnya arus kendaraan dari jalan tol Jakarta menuju ke arah timur," kata Kepala Bagian Operasi Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi pada Jumat (29/4/2022). 

Waktu perpanjangan rekayasa lalu lintas satu arah dan nomor polisi ganjil-genap bersifat situasional. Korlantas terus memberikan perkembangan situasi di lapangan terkait diskresi petugas untuk memperlancar arus mudik Lebaran 2022.

“Sampai waktu yang belum ditentukan. Sampai dengan pemberitahuan lebih lanjut,” ucapya.

Eddy Djunaedi meminta maaf kepada masyarakat khususnya pengguna jalan yang mengarah ke Jakarta. Dia mengajak masyarakat untuk tetap patuh terhadap aturan dan tertib berlalu lintas.

"Kami tetap mengimbau agar masyarakat tetap tertib di jalan serta memanfaatkan jalur arteri dan alternatif yang ada. Semoga selamat sampai tempat tujuan," ucapnya.

Sebelumnya, Korlantas Polri menempuh kebijakan diskresi satu arah bagi kendaraan berpelat nomor genap dari Tol Cikampek KM 47 hingga Gerbang Tol Kalikangkung KM 414. Langkah ini untuk mengurai kepadatan lalu lintas pada Kamis malam.

Kemudian, petugas memperpanjang satu arah karena volume kendaraan dari Jakarta menuju arah timur masih cukup tinggi sehingga terjadi kepadatan lalu lintas.

"Skema one way malam diperpanjang, untuk mengantisipasi derasnya arus mudik dari arah Jakarta pada malam hari ini," ujar Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo.

Puncak arus mudik di Tol Jakarta-Cikampek dari arah JORR dan Tol Dalam Kota diprediksi terjadi pada Kamis, 29 April 2022 malam. 

Hal itu berdasarkan pantauan CCTV dari Jalan Tol Outer Ring Road (JORR) Jati Asih yang menuju simpang susun Cikunir untuk menuju ke arah Cikampek.