Jasa Marga Capai Peningkatan Kinerja Positif Semester I Tahun 2023

Acara Public Expose LIVE 2023 yang diselenggarakan PT Bursa Efek Indonesia pada Senin (27/11/2023). (gemapos/Jasa Marga)
Acara Public Expose LIVE 2023 yang diselenggarakan PT Bursa Efek Indonesia pada Senin (27/11/2023). (gemapos/Jasa Marga)

Gemapos.ID (Jakarta) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (Perseroan) pada Semester I Tahun 2023 ini  berhasil membukukan Laba Bersih sebesar Rp1,15 triliun, meningkat 56,3% jika dibandingkan dengan Semester I tahun lalu. Hal tersebut dipapaprkan dalam Public Expose LIVE 2023 yang diselenggarakan PT Bursa Efek Indonesia pada Senin (27/11/2023).

Investor Relations Department Head Jasa Marga Milka Theodora menjelaskan bahwa peningkatan kinerja positif Perseroan juga tercermin dari pencapaian Pendapatan Usaha sebesar Rp6,98 triliun atau tumbuh 4,9% dari periode yang sama di tahun sebelumnya. Namun atas kinerja Semester I ini, terdapat efek yang cukup signifikan dari dekonsolidasi ruas Jalan Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ).

 “Jasa Marga tetap dapat meningkatkan pendapatan usaha di luar konstruksi, pertumbuhan laba, dan menjaga kinerja rasio keuangan yang semakin membaik pada Semester 1 Tahun 2023 seiring dengan peningkatan volume lalu lintas dan dampak dari arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri di bulan April 2023," ujar Milka dalam keterangan tertulis. Selasa (28/11/2023).

Pertumbuhan kinerja Jasa Marga tahun 2023 secara YoY juga dipengaruhi oleh dekonsolidasi Jalan Layang MBZ sebagai konsekuensi divestasi pada ruas tersebut pada Oktober 2022. Dari sisi pendapatan usaha di luar konstruksi apabila dilakukan perhitungan pertumbuhan pendapatan menggunakan asumsi yang sama tanpa adanya pendapatan tol Jalan Layang MBZ, pertumbuhan pendapatan usaha mencapai 12% secara YoY, sambung Milka.

Ia menambahkan, Perseroan masih memegang posisi market leader di industri jalan tol dengan total panjang jalan tol beroperasi Jasa Marga Group sepanjang 1.260 KM yang merepresentasikan 48% jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia. 

“Pada awal tahun 2023, Jasa Marga memperoleh konsesi jalan tol baru yakni ruas jalan tol Akses Patimban sepanjang 37,05 km yang dikelola oleh PT Jasamarga Akses Patimban (JAP), sehingga sampai dengan saat ini total panjang jalan tol konsesi Perseroan yakni sepanjang 1.736 km dengan 1.260 km di antaranya telah beroperasi” tambahnya. 

Pada tahun 2023 ini, Jasa Marga menargetkan untuk mengoperasikan Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 sepanjang ±3,64 km pada akhir tahun 2023. Beroperasinya jalan tol tersebut diharapkan akan mendorong konektivitas khususnya di wilayah Jabodetabek yang akan menghubungkan jaringan jalan tol JORR 2. Saat ini, Perseroan juga tengah fokus terhadap progres dari lima proyek jalan tol yang tengah berjalan yaitu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Jalan Tol Akses Patimban, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Jalan Tol Solo-Yogyakarta NYIA Kulonprogo, dan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi. 

“Di tengah semakin banyaknya proyek jalan tol baru yang telah selesai dan mulai dioperasikan, rasio keuangan Jasa Marga pada Semester I 2023 lebih baik dari pada tahun sebelumnya, hal ini menunjukkan Perseroan selalu memperhatikan keberlanjutan bisnisnya dan menyeimbangkan antara pencapaian kinerja dengan ekspansi usaha. Perseroan tetap mampu menjaga gearing ratio dan memiliki kapasitas yang baik dalam hal memenuhi pembayaran kewajibannya,” tambahnya.

Hadir dalam acara tersebut mewakili Manajemen Jasa Marga yaitu Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Pramitha Wulanjani, Direktur Pengembangan Usaha M. Agus Setiawan, Direktur Bisnis Reza Febriano, Corporate Secretary and Chief Administration Officer Nixon Sitorus, Corporate Finance & Investor Relations Senior Group Head Haning Pangastuty, Corporate Communication and Community Development Group Head Lisye Octaviana dan Investor Relations Department Head Milka Theodora. 

Komitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan operasional juga terus dilanjutkan oleh Perusahaan melalui pengembangan Intelligent Transport System (ITS) yang berfungsi mengelola pelayanan lalu lintas jalan tol yang terintegrasi, sekaligus menjadi sumber pusat informasi lalu lintas melalui super-app Jasamarga Integrated Digitalmap (JID) yang dioperasikan di Jasamarga Tollroad Command Center (JMTC) dan dapat diakses oleh pengguna jalan melalui aplikasi Travoy. Teknologi ini mendukung Jasa Marga dalam memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat khususnya pada periode arus mudik dan balik Hari Raya maupun libur panjang Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mendatang. (ns)