PLN Minta Warga Pastikan Kondisi Listrik di Rumah Aman Sebelum Mudik Lebaran

Ilustrasi- Meteran PLN (foto: gemapos/istock)
Ilustrasi- Meteran PLN (foto: gemapos/istock)

Gemapos.ID (Jakarta)- PT PLN (Persero) meminta masyarakat untuk memastikan listrik di rumah dalam kondisi aman sebelum meninggalkan rumah saat mudik Idul Fitri 1445 Hijriah.

Hal tersebut di sampaikan Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Trianto, Jumat. Ia meminta masyarakat memperhatikan beberapa tips sebelum mudik demi kenyamanan masyarakat saat melaksanakan mudik.

"Yang pertama, pelanggan perlu memastikan instalasi listrik di rumahnya dalam keadaan baik agar saat rumah ditinggal dalam kondisi aman,” kata Gregorius dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat.

Kedua, PLN juga mengimbau masyarakat untuk mematikan aliran listrik yang tidak terpakai dengan mencabut peralatan elektronik dari stop kontak.

"Ketiga, hidupkan lampu penerang seperlunya seperti lampu teras dan halaman untuk  memastikan keamanan bangunan yang ditinggalkan, bila perlu pasang sensor penerangan agar penggunaan listrik berjalan dengan efisien," ujarnya.

Selanjutnya keempat, PLN mengimbau pelanggan listrik pascabayar untuk memastikan tagihan listrik sudah lunas sebelum waktu tenggat agar terhindar dari denda dan pemutusan listrik akibat keterlambatan.

"Kelima, bagi pelanggan listrik prabayar agar memastikan token listrik sudah terisi cukup hingga akhir masa mudik supaya lampu penerangan rumah tetap menyala dan alarm token kWh meter tidak berbunyi," ucap Gregorius.

Selanjutnya keenam, kata Gregorius, apabila kebutuhan listrik di kampung halaman semakin bertambah, pelanggan dapat melakukan penambahan daya. PLN sendiri telah menyediakan promo diskon tambah daya program "Listrik di Bulan Berkah" dengan cukup melakukan transaksi di-marketplace (lokapasar) PLN Mobile.

"Terakhir, agar mudik lebih nyaman dan tenang, masyarakat juga bisa memanfaatkan aplikasi PLN Mobile yang siap menjawab berbagai kebutuhan kelistrikan sebelum atau saat mudik," ujarnya.

Sementara itu, melalui SuperApp masyarakat bisa lebih mudah mengakses layanan kelistrikan dari mana saja, mulai dari pembelian token, pembayaran tagihan listrik, pengajuan pasang baru, tambah daya, memonitor pemakaian listrik pascabayar hingga kemudahan pengaduan gangguan dan keluhan listrik.

"Jika sebelum atau selama mudik terdapat gangguan dan keluhan listrik di rumah, pelanggan bisa menyampaikan pengaduan gangguan dan keluhan pada aplikasi PLN Mobile yang dapat diakses di manapun dan aktif selama 24 jam, petugas PLN segera menindaklanjuti pengaduan gangguan dan keluhan pelanggan," kata Gregorius.(pa)