Kedubes Sebut Prabowo Subianto Dijadwalkan Kunjungi Jepang

Ilustrasi- Bendera Jepang dan Indoesia (fptp: gemapos/istock)
Ilustrasi- Bendera Jepang dan Indoesia (fptp: gemapos/istock)

Gemapos.ID (Jakarta)- Kedutaan Besar Jepang di Jakarta mengatakan bahwa Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, dijadwalkan akan mengunjungi Jepang pada 2 hingga 3 April 2024.

Dikutip dari keterangan dari Kedubes Jepang yang diperoleh di Jakarta, Senin, saat ini proses kordinasi sedang dilakukan untuk mengatur pertemuan dengan para pejabat tinggi Jepang, termasuk Perdana Menteri Fumio Kishida.

Ia mengatakan, mereka berharap kunjungan tersebut menjadi momentum untuk memperkuat kerja sama kedua negara di berbagai bidang dalam hubungan bilateral, maupun kerja sama terkait situasi di kawasan.

"Mengingat Jepang dan Indonesia merupakan Mitra Strategis Komprehensif yang berbagi prinsip dan nilai fundamental serta memiliki hubungan bersejarah di bidang politik, ekonomi, dan budaya, kami berharap kunjungan ini menjadi momentum untuk memperkuat kerja sama kedua negara di berbagai bidang di hubungan bilateral maupun di situasi kawasan," kata  Kedubes Jepang dalam keterangannya.

Sementara itu pada 21 Maret 2024, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menelepon secara langsung calon presiden Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam Pilpres 2024.

Pada saat itu, Kishida memberikan ucapan selamat kepada Prabowo melalui sambungan telepon yang berlangsung selama sekitar 10 menit. Tidak hanya melalui sambungan telepon, Prabowo juga menerima ucapan selamat tersebut dari surat yang diberikan Kishida.

"Perkenankan saya untuk menyampaikan ucapan selamat dari lubuk hati saya yang paling dalam atas terpilihnya Yang Mulia dalam pemilihan presiden kali ini," kata Kishida dalam suratnya.(pa)