Kenali Gejala Stunting Pada Bayi Baru Lahir

Infografis- Kenali Gejala Stunting Pada Bayi Baru Lahir (foto: gemapos)
Infografis- Kenali Gejala Stunting Pada Bayi Baru Lahir (foto: gemapos)

Gemapos.ID (Jakarta)- Stunting, kondisi di mana anak memiliki pertumbuhan tubuh yang terhambat, merupakan masalah kesehatan global yang serius, terutama di negara-negara berkembang. Kondisi ini tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik, tetapi juga perkembangan kognitif dan kemampuan belajar anak.

Deteksi dini stunting sangat penting, karena intervensi yang tepat pada masa awal kehidupan dapat membantu mencegah dampak jangka panjang yang serius. Salah satu tahap deteksi dini yang paling krusial adalah memahami gejala stunting pada bayi baru lahir.

Apa itu Stunting?

Stunting adalah kondisi ketika pertumbuhan fisik anak terhambat, biasanya terjadi pada masa pertumbuhan awal, terutama di dalam kandungan dan pada dua tahun pertama kehidupan. Anak-anak yang mengalami stunting memiliki tinggi badan yang lebih pendek dari anak-anak seusianya, dan kondisi ini dapat mengakibatkan masalah kesehatan jangka panjang, termasuk kerentanan terhadap penyakit infeksi, masalah perkembangan kognitif, dan bahkan masalah kesehatan kronis pada masa dewasa.

Dengan tingginya angka stunting di Indonesia, mengharuskan setiap orangtua mengetahui tanda-tanda bayi stunting sedini mungkin. Dengan mengetahui tanda stunting sejak awal, ibu dapat mengatasinya segera, sebelum timbul gangguan kesehatan lain yang lebih serius.(ap)