Presiden Jokowi Telah Resmikan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Sulteng

Presiden Joko Widodo menekan tombol sirine tanda peresmian pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa (26/3/2024). (foto: gemapos/antara)
Presiden Joko Widodo menekan tombol sirine tanda peresmian pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa (26/3/2024). (foto: gemapos/antara)

Gemapos.ID (Jakarta)- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah yang tersebar di sembilan kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Selasa.

"Pada hari ini, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Sulawesi Tengah," kata Presiden Jokowi di Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan, yang diikuti di Jakarta.

Adapun inpres tersebut mencakup pembangunan 15 ruas jalan dengan panjang total 147 kilometer dan biaya Rp330 miliar yang tersebar di sembilan kabupaten/kota.

Presiden Jokowi mengatakan komitmen pemerintah untuk terus memeratakan pembangunan infrastruktur di seluruh daerah di tanah air.

"Saya kira tidak hanya di sini, di provinsi-provinsi yang lain juga kita akan cek semua pelaksanaan yang berkaitan dengan jalan daerah," ujar Presiden ketika berbicara kepada wartawan di Pasar Salakan.

Peresmian Inpres Jalan Daerah tersebut disambut gembira salah satu warga Salakan, Christian.

"Jadi memang dalam masa itu, dalam suatu pemerintahan pasti akan ada proses dan pembangunan, dan syukur saat ini dengan program yang dilaksanakan dari pemerintah pusat lewat kewenangan Bapak Jokowi, dampak dari pembangunan infrastruktur itu sudah bisa kami rasakan," katanya.

Selain itu, tanggapan lainnya disampaikan salah satu pelajar, Reynold, yang merasakan perjalanannya ke sekolah menjadi lebih aman dan nyaman berkat dukungan infrastruktur jalan yang baik.

"Dengan adanya jalan ini mungkin menjadi sesuatu yang sangat luar biasa bagi kami masyarakat Kabupaten Banggai Kepulauan karena kami bisa menggunakan jalan ini dengan baik tanpa takut-takut untuk jatuh," katanya.

Kemudian Joshua, pelajar lainnya, menyatakan bahwa perbaikan jalan meningkatkan keamanan dan kenyamanan, terutama bagi pengendara motor.

"Terbantu dengan jalan ini karena dulu jalan yang sedikit berlubang, tapi dengan adanya jalan ini kami semua mungkin keamanannya mungkin bisa lebih ditingkatkan," katanya.

Sementara itu, kunjungan Presiden Jokowi ke daerah ini juga mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Christian pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Presiden.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih Bapak karena dengan begitu banyaknya kesibukan masih bisa menyempatkan waktu untuk berkunjung ke daerah kami khususnya daerah Kabupaten Banggai Kepulauan," katanya.

Pada kunjungan tersebut, Presiden Jokowi turut didampingi yakni, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma'mun Amir, dan Pj. Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir.(ap)